Biodata

3:44 PM

aku....hmm anak ketiga dari lima bersaudara lahir ke dunia ini alhamdulillah dengan cara yang biasa-biasa saja.Tanpa meminta persetujuan dari ku,Ayahku Tercinta memberikan ku nama (pada mulanya) "Zamharir Saleh"..nama ini diambil dari nama sahabat karib beliau,mantan anggota DPR RI H.Zamharir A.R....Satu minggu kemudian (sebelum akekah) ayah ku "meralat" nama ku dan menggantinya dengan ZAMZAMI SALEH....(kelak nama Zamharir saleh ku wariskan kepada adik ku yang paling kecil)

Banyak orang yang sulit memaknai atau minimal untuk mengartikan namaku secara pas...Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa ZAm-zam adalah sumur terkenal di mekah,sedangkan saleh artinya baik,lantas apa hubungannya air sumur dengan kebaikan dalam seorang anak.Jujur pertanyaan yang sama juga muncul dalam benak ku ketika aku mulai bisa berpikir (dan berbahasa arab sedikit-sedikit hasil didikan dari MDA di kampungku) sayang sampai tamat SD aku tidak berani menanyakan pertanyaan itu kepada bapakku...



Arti dan makna nama "ZAMZAMI SALEH" baru kutemukan dengan yakin ketika aku menuntut ilmu di salah satu pondok pesantren ternama di Sumatera Barat,"MTI Canduang".Maklum Ponpes yang satu ini memiliki kelebihan dalam "grammar" bahasa arab.Setelah sering kali buka2 kamus plus kitab2 rujukan,inilah hasilnya ; ZAMZAMI dalam bahasa arab di tulis زمزمي ,zamzami sendiri memiliki banyak makna,namun makna yang sering dipakai adalah makna اجتمع fi'il amar dengan arti "Berkumpulah".zamzam ini kemudian diidlofatkan kepada ya' mutakkalim sehingga menghasilkan makna "Berkumpulah Padaku"...saleh sendiri dalam bahasa arab di tulis صالح yang artinya baik,namun karena saleh di tulis dalam bentuk nakirah,sehingga makna kebaikan ini menjadi makna "menyeluruh".Nah jadi kalau kita artikan,ZAMZAMI SALEH itu artinya "Berkumpulah padaku segala kebaikan"..hmm nama yang eksotis dan penuh doa...sebuah doa yang diharapkan oleh orang tuaku agar dalam diriku selalu berkumpul kebaikan..Semoga...AMIN


Perjalanan hidupku dimulai dari kota kabupaten kecil bernama "Lubuk Sikaping"..sayang setahun kemudian ayahku dipindah tugaskan ke kota yang lebih kecil lagi yaitu TALU...bagi yang hobby mendengarkan lagu daerah minang kabau,insya Allah akan menemukan sebuah lagu yang berjudul "Rang Talu".Dan sejak umur 1 tahun pun aku resmi jadi warga Talu


Kurang lebih umur 3 tahun aku dimasukkan sebuah Taman Kanak-kanak,TK Dharma wanita namanya.Kepala sekolah nya kalau ga salah bernama "BUK ANIS".Alhamdulillah aku diberikan kelebihan oleh Allah dengan IQ yang lumayan,sehingga tahun pertama di TK ini (dulu istilahnya Nol kecil) aku menjadi juara dua...sayang beribu sayang karena dianggap umur ku terlalu kecil,aku dilarang naik kelas ke nol besar...singkat cerita aku 3 tahun di TK,malangnya...


masuk SD , pengalaman paling berharga dalam hidup.Sesungguhnya Pendidikan di SD adalah pendidikan yang wajib diikuti oleh seluruh anak bangsa...Alhamdulillah ku diizinkan Allah memasukinya..Di kelas ku akhirnya mendapat saingan berat.Namanya Rudi Zelmido...Dilahirkan dari keluarga yang cukup berada + dari genealoginya menunjukkan bahwa dia adalah anak yang cerdas...dari kelas 1 sampai kelas 3 ,aku selalu nomor 2...yah meskipun bisa dibilang jarak nilai kami sangat tipis sekali , biasanya cuma berbeda 0,5...padahal jarak antara juara 2 dengan juara 3 bisa mencapai 5 poin malah...alhamdulillah akhirnya di cawu 3 kelas 3 (sampai kelas tiga masih pakai sistem cawu) aku berhasil menjadi yang pertama...Prestasi ini kupertahankan sampai aku tamat SD...


setamat SD, aku di tawari 3 tempat sekolah oleh ayahku...Malangnya,diantara 3 pilihan itu,tak satupun sekolah yang lokasinya berada di kota kecil itu...Pilihan pertama,aku ditawari MTsN Lubuk Sikaping,sebuah sekolah megah di kota lubuk sikaping yang sudah terkenal dengan prestasinya..Pilihan kedua,Ponpes MTI Canduang..sebuah pondok pesantren dimana ayahku juga ditempa disana dahulunya..dan pilihan terakhir adalah MTsN Gunung Pangilun Padang..


keputusan ayahku ini disesali oleh beberapa pihak termasuk guru2 di SD dan beberapa orang penting di kecamatan..Yah di SD bisa dibilang aku dan rudi adalah bintang kecamatan...namun ayahku tetap teguh dengan pilihannya..Beliau memberi sebuah nasehat yang sampai sekarang kupegang teguh "NAK,ketahuilah bahwa anak pisang tidak akan bisa tumbuh jikalau masih berada dekat dengan induknya...Merantaulah..engkau akan berhasil"


to be Continued

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images