Imam As-Sam'ani dan Kitab Qawathi' Al-Adillah

3:37 PM



Biografi Singkat Imam As-Sam’ani

Nama lengkap beliau adalah Abu Al-Muzhaffar, Manshur bin Muhammad bin Abdul Jabbar bin Ahmad bin Muhammad bin Jakfar bin Ahmad bin Abdul Jabbar bin Fadhl bin Rabi’ bin Muslim bin Abdillah At-Tamimi As-Sam’ani (dinisbahkan ke Sam’an, sebuah daerah di Tamim).

Dilahirkan pada bulan Dzulhijjah tahun 426 H di Maruz/Marwaz, Khurasan. Dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang penuh keilmuan dimana hampir seluruh keluarganya adalah ulama rujukan di zamannya.

Awalnya beliau adalah seorang yang bermazhab Hanafi seperti ayahnya (dimana Imam Ibn As-Sam’ani belajar kepadanya). Setelah ayahnya wafat, ia merantau ke Baghdad tahun 461 H. Disana ia bertemu dengan ulama-ulama Baghdad dimana kemudian ia saling berdebat, diskusi dan adu argumen bersama mereka. Di Baghdad juga ia bertemu Syekh Abu Ishaq Asy-Syirazi (Pengarang kitab Al-Muhazzab dalam Fiqh Syafi’i) dan Imam Abu Nashar Ash-Shibagh (juga salah satu pembesar mazhab Syafi’i) dimana ia juga berdebat dan saling adu argumentasi dengan mereka berdua.

Kemudian beliau melanjutkan perjalanan ke Makkah untuk menunaikan haji. Di Makkah beliau bertemu dengan Imam Abu Qasim Az-Zinjani (Salah seorang pembesar mazhab Syafi’i). Disinilah kemudian beliau pindah ke mazhab Syafi’i. Dia menampakkan madzhab barunya pada tahun 468 H. Penduduk Marwaz ribut, orang awam bingung hingga datang sepucuk surat dari Amir Balkhan yang mengecam tindakannya. Dia meninggalkan Marwaz menuju Thus. Dia pergi ke Naisabur dan disambut dengan meriah oleh penduduk Naisabur pada masa pemerintahan wazir Nizham Al Mulk dan Wali Abu Sa’id. Mereka memuliakannya dan memberinya jabatan di sekolah Asy-Syafi’iyyah. Beliau pandai dalam memberi nasihat dan mudah diterima. An-Nizham memperkenalkannya kepada sahabat-sahabatnya dan mereka sangat antusias. Ketika beliau pergi ke Asfahan, dia mendapatkan sambutan yang hangat.

Mazhab Syafi’i sendiri banyak mengambil faedah dari beliau. Hal ini karena beliau cukup lama bermazhab Hanafi, sehingga argumen beliau sangat kuat ketika berdebat, mempertahankan serta menyebarkan mazhabnya yang baru (mazhab Syafi’i). Terkhusus kitab Qawathi’ dimana beliau cukup banyak mendebat pendapat Imam Abu Zaid Ad-Dabusi (yang merupakan salah satu pembesar mazhab Hanafi). Beliau juga cukup banyak menulis kitab yang berisikan khilafiyah mazhab dan pendapat seperti Qawathi’, Al-Burhan dan lain-lain

Ketinggian ilmu beliau diakui oleh ulama-ulama di zamannya hingga saat ini. Imam Abu Qasim (Anak Imam Harmaini) menggelari beliau sebagai “Syafi’i fi ‘Ashrihi / Syafi’i pada Zamannya”. Abu Sa’ad (cucu beliau) berkata “Imam As-Sam’ani adalah Imam pada masanya tanpa ada yang bisa membantah. Siapa yang meneliti kitab-kitabnya, akan menyadari ketinggian posisinya dalam ilmu”.

Diantara karangan beliau :
•          Qawathi’ Al-Adillah fi Al-Ushul
•          Al-Burhan fi Al-Khilaf
•          Al-Ishthilam fi Ar-Radd ‘ala Abi Zaid Ad-Dabusi
•          Tafsir Al-Qur’an Al-Karim
•          Ar-Radd ‘ala Al-Qadariyyah
•          Dan lain-lain

Abu Al Muzhaffar As-Sam’ani wafat pada tahun 489 H di Marwaz (setelah nama baik beliau dipulihkan). Dia hidup selama enam puluh tahun. Semoga Allah memberi rahmat kepadanya.

Mengenal Kitab “Qawathi’ Al-Adillah”

Dr. Hasan Hito dalam pengantar kitab Qawathi’ Al-Adillah tahqiqan beliau mengatakan “Kitab Qawathi’ karangan Imam As-Sam’ani ini tidak diragukan lagi merupakan salah satu kitab terpenting dalam Ilmu Ushul Fiqh. Redaksi dan susunan kitab yang teratur, maklumat-maklumat yang penting, dan yang membuat kitab ini istimewa adalah meski secara umum ditulis dengan metode mutakallimin namun beliau sangat banyak mencampurkan fiqh yang menjadi salah satu ciri khas metode Fuqaha’.

Imam Ibn As-Subki sendiri sangat mengagumi dan memuji kitab ini. Dalam Tabaqath Asy-Syafi’iyyah dan Raf’u Al-Hajib, beliau berkata “Sesungguhnya kitab Qawathi’ ini adalah kitab ushul fiqh yang paling tinggi manfa’atnya, dan sungguh cukup dengan kitab ini sebagai pegangan dalam Ilmu ushul fiqh.

Beliau juga berkata “Sungguh, aku tidak tahu kitab yang lebih bagus dan lebih lengkap dalam bidang ushul fiqh selain kitab Qawathi’ ini. Sebagaimana aku juga tidak tahu, mana kitab yang lebih mulia antara kitab ini dan Al-Burhannya Imam Juwaini. Masing-masing memiliki kelebihan dan kemuliaan tersendiri.

Dr.Hasan Hito menjelaskan sebab kemuliaan dan kelebihan kitab ini, diantaranya : Redaksi kalimatnya yang jelas dan disusun dengan kaedah bahasa arab yang indah serta jauh dari kesalahan dari segi bahasa. Masalah-masalah yang dibahas dalam kitab ini, dijelaskan dengan pembahasan yang panjang dan jelas, lalu diuraikan dengan dikuatkan dalil dan nukilan. Kitab ini juga disusun dengan susunan yang rapi sehingga mudah dipahami alur logikanya dan mudah ditemukan pembahasannya. Selain itu, Imam Ibn As-Sam’ani juga melebarkan metodenya yang awalnya menggunakan metode mutakallimin lalu beliau kolaborasikan dengan metode ala Fuqaha’, sehingga pembahasan lebih jelas asal, cabang serta implikasinya pada hukum fiqh.

Kitab ini juga berisikan sebagian pembahasan yang beliau nukil dari Imam Abu Zaid Ad-Dabusi serta di akhir kitab beliau sertakan masalah seputar Ahliyah, Taklif dan Huquq. Setiap masalah tersebut diuraikan secara gambang dengan merincikan masalah, menjelaskan point2 yang menjadi titik masalah lalu beliau munaqasyah.

Kitab ini sangat cocok dibaca oleh pelajar Ushul Fiqh kategori menengah. Dr.Hasan Hito berkata “Sepengetahuan saya, kitab ini dibaca oleh para Masyaikh setelah selesai mengajarkan kitab Al-Waraqat Imam Haramaini Juwaini”.

Wallahu A’lam bi Ash-Shawab

Yang Mau Download kitabnya versi PDF (bukan tahkikan Dr.Hasan Hito) :

Download kitab “Manhaj Imam As-Sam’ani dalam kitab Qawathi’ Al-Adillah” :


You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images