Imam Abu Ishaq Asy-Syirazi dan Al-Muhazzab

8:22 PM



Sedikit tentang kitab Al-Muhazzab

Kitab Al-Muhazzab karya Imam Abu Ishaq Asy-Syirazi adalah salah satu kitab terpenting dalam mazhab Syafi’i. Menurut Dr.Muhammad Zuhaili, kitab ini adalah rujukan utama dalam mazhab Syafi’i sampai kurun ke 6 hijriah. Al-Muhazzab banyak menjadi bahan kajian ilmiah bagi para ulama, sehingga muncul banyak karya ilmiah yang didasarkan darinya baik berupa Syarah, Hasyiah, Komentar, Kritikan, Tahqiqan, penjelasan terhadap kalimat-kalimat ambigu, takhrij hadits dan atsar didalamnya  amalan ilmiah lainnya. Diantaranya adalah Kitab Fawaid ‘ala Al-Muhazzab karangan murid beliau Imam Abu Ali Al-Fariqi, Kitab Al-Bayan karangan Imam Imrani dan tentu saja yang paling termasyhur kitab Al-Majmu’ Syarh Al-Muhazzab karangan Imam Nawawi.

Kitab ini adalah salah satu kitab termasyhur di kalangan Syafi’iyyah selain kitab Al-Mukhtashar Imam Muzani, Al-Wasith dan Al-Wajiz karangan Imam Al-Ghazali serta At-Tanbih yang juga dikarang oleh Imam Asy-Syirazi, pengarang kitab ini. Imam Nawawi ketika berbicara tentang kitab-kitab dalam mazhab Syafi’i berkata “Dari sekian banyak kitab-kitab fiqh dalam mazhab Syafi’i, ada 2 kitab yang sangat masyhur sehingga dijadikan bahan ajar di majelis-majelis serta menjadi kajian para peneliti. Dua kitab tersebut adalah Al-Muhazzab Imam Asy-Syirazi dan Al-Wasith Imam Al-Ghazali”.

Tentang penulisan kitab ini, Imam Abu Ishaq Asy-Syirazi berkata “Di Kitab Al-Muhazzab ini, Insya Allah saya akan menyebutkan ushul dan kaedah dasar dalam Mazhab Syafi’i beserta dalil-dalilnya. Tak lupa pula saya sebutkan beberapa masalah furu’ / cabang yang dihasilkan ushul tersebut lengkap beserta illatnya”. Disini jelas sekali tujuan beliau bahwa penulisan kitab ini murni sebuah upaya untuk menjelaskan apa saja ushul dan kaedah pokok dalam mazhab Syafi’i lengkap dengan dalilnya. Hal ini sangat penting sekali terutama dalam tujuannya untuk membedakan mana pendapat yang sah dikategorikan sebagai pendapat mazhab Syafi’i dan mana yang bukan.

Kitab Al-Muhazzab ini –sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Asy-Syirazi- ditulis pertama kali pada tahun 455 H dan selesai pada hari ahad di akhir bulan Rajab tahun 469, dimana di era yang sama Imam Haramaini Juwaini menulis kitab monumentalnya Nihayatu Al-Mathlab. Di Era itu, dua kitab ini (Al-Muhazzab dan Nihayatu Al-Mathlab) adalah rujukan paling unggul dan utama dalam Fiqh Syafi’i.

Mengenal Imam Abu Ishaq Asy-Syirazi

Nama lengkap beliau adalah Abu Ishaq, Ibrahim bin Ali bin Yusuf bin Abdillah Asy-Syirazi Al-Fayruzabadi, nisbah kepada Fayruzabad salah satu negeri di Syiraz. Beliau lahir tahun 393 H. Belajar dan mengambil ilmu fiqh di Persia atas bimbingan Abu Al-Farj Ibn Al-Baydhawi, dan di Bashrah atas bimbingan Al-Kharazi. Beliau hijrah ke Baghdad tahun 415 H lalu belajar dan mengambil ilmu Fiqh atas bimbingan gurunya, Al-Imam Al-Jalil Al-Fadhil Abu Ath-Thayyib Thahir bin Abdillah Ath-Thabari serta dari para masyaikh lainnya.

Beliau pernah berkata “Aku selalu mengulang-ulang apa yang aku pelajari sebanyak 100 kali. Dan jika dalam sebuah masalah ada bait-bait nazham/sya’ir yang menjadi kajian dari masalah tersebut maka akan aku hafal seluruh qashidah sya’ir tersebut”. Beliau adalah seorang yang begitu tekun dalam belajar, sangat saleh dan zuhud serta sabar dalam hidup. Imam Al-Hafizh Abu Sa’ad As-Sam’ani berkata tentang beliau “Syekh Abu Ishaq adalah Pemimpin Mazhab Syafi’i di zamannya serta guru besar di Madrasah Nizhamiyah di Baghdad. Beliau adalah pemimpin masa itu dimana umat manusia berbondong-bondong datang kepadanya dari segala penjuru. Apa yang beliau alami persis sama dengan yang dialami oleh Imam Abu Abbas Ibn Sureij”.

Abu Wafa’ ibn Uqail berkata “Aku menyaksikan Syekh kita Syekh Abu Ishaq tidak akan mengeluarkan sesuatu kepada orang faqir kecuali beliau hadirkan niat. Beliau juga tidak akan berkomentar terhadap sebuah masalah kecuali dengan meminta pertolongan kepada Allah Azza wa Jalla sebelumnya. Beliau juga selalu mengikhlaskan niat dan tujuannya dalam menolong kebenaran. Dan beliau tidak akan menulis sebuah masalah kecuali setelah menunaikan shalat beberapa raka’at. Maka tidak heran kalau  nama beliau sangatlah terkenal dan karangan beliau sangatlah masyhur serta tersebar di belahan timur dan barat lantaran keberkahan beliau”.

Dalam kitab-kitab Fiqh Mazhab Syafi’i era setelahnya, nama beliau sangat sering disebut. Imam Nawawi sendiri bahkan meletakkan sebuah istilah yang merujuk kepada beliau. Jika ditemukan dalam kitab-kitab Fiqh karangan Imam Nawawi kalimat “Asy-Syaikh” maka yang dimaksud adalah beliau, Syekh Abu Ishaq Asy-Syirazi.

Beliau wafat tahun 476 H. Rahimahullah...

Bagi yang mau download kitabnya – tahqiqan Dr.Muhammad Zuhayli :






You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images