Naas...

8:28 AM


Mungkin sudah takdir Allah bahwa proses belajar saya malam ini harus ditunda.Masalahnya, mata saya masih dalam kondisi 5 watt (aka Ngantuk) ditambah dengan kesadaran saya yang belum pulih sepenuhnya, ditambah dengan air di rumah yang menghilang ntah kemana.Terhitung sejak jam 1 malam saya mondar-mandir hamam (kamar mandi) hanya untuk memutar kran dan berharap air keluar dengan lancar sehingga beberapa ritual saya bisa dilaksanakan.Namun sampai note ini ditulis pun, harapan saya masih belum jelas ujungnya.



Ya sudahlah,mungkin sudah takdir Allah juga kalau saya mencoba menghilangkan rasa ngantuk saya dengan nonton.Kebetulan beberapa hari ini saya punya kebiasaan baru mengunduh video ceramah guru saya DR.Ali Goma'a Mufti Mesir,namun karena persiapan ujian video itu pun belum sempat saya tonton.Takdir inilah yang membuat saya yakin bahwa Allah memang mentakdirkan saya untuk nonton video itu malam ini (belepotan kan bahasanya , maklum ruh saya masih 75 % yang berada dalam tubuh ^_^ )



Setelah saya cek di folder "download" ternyata banyak juga video yang saya unduh.Saya pun memilih sebuah Video berjudul "Muhadarah DR.Ali Goma'a di depan mahasiswa Al-Azhar".hmm tanpa banyak cakap saya coba ambilkan beberapa nasehat beliau dalam video itu terkhusus buat para penuntut ilmu ...Cek dis out (berhubung saya baru nonton part 1, jadi untuk sementara cuma nasehat di Part 1 Itu yang saya ambil ..



5 Rukun Ilmu :

1.Pelajar

2.Guru

3.Kitab / buku / referensi

4.Manhaj / metodologi dan sistem

5.Lingkungan keilmuan

Imam Syafi'i Menjelaskan 6 modal utama buat para penuntut ilmu :

أخي لن تنال العلم إلا بستة

سأ نبيك عن تفسيلها ببيان

ذكاء, وحرص, واجتهاد, وبلغة

وصحبة أستاذ, وطول زمان

Saudaraku, engkau tidak akan mendapat ilmu, melainkan dengan enam perkara

Kukabarkan padamu rinciannya dengan jelas

Kecerdasan, kemauan keras, bersungguh-sungguh, bekal yang cukup

Bimbingan ustadz, dan waktu yang lama

"Janganlah kamu berkata pada dirimu bahwa kamu datang ke sini (Sekolah,madrasah ilmu,universitas ) bukanlah karena keinginan ku atau karena paksaan orang tuaku, tapi karena Allah telah mentakdirkan mu untuk berada disana.Oleh sebab itu perbaruilah niat mu semata2 ikhlas hanya karena Allah, karena niat dan ikhlas adalah syarat mutlak diterimanya sebuah amalan.

Kamu lihat bagaimana kuasa Allah telah berlaku untuk mu dengan ditempatkannya dirimu di tempat dimana kamu berdiri hari ini (Sekolah , Universitas ) , oleh karena itu ikhlaskan niatmu karena Allah , perbaiki hubunganmu dengan Allah, Kerjakan perintah Allah dan RasulNYA (serta jauhi larangannya).Semoga Allah memberi taufiq kepadamu sekarang dan sampai masa kamu dibangkitkan setelah mati...




STOP PRESS : Alhamdulillah Air Sudah Hidup,jadi saya selesaikan di part 2 video ini dulu , nanti baru di sambung lagi ... oke coy



Ketahuilah bahwa perjalanan keilmuan seorang penuntut ilmu itu sangatlah panjang, dan ilmu tidak mengenal kata Akhir baginya.Allah telah berfirman "wa qul Robbi Zidni 'Ilman war Zuqni Fahman (doa bagi pencari ilmu) " .Allah juga telah berfirman " Wa fauqa dzi ilmin 'alim ".Menuntut ilmu itu dari sejak kecil sampai nanti kematian menjemput.Allah telah berfirman "Adakah sama orang yang berilmu dan orang yang tidak berilmu ? ".

Setiap pelajar / mahasiswa yang telah masuk ke sebuah Sekolah / Universitas , maka dia harus mengorbankan dirinya (demi ilmu) sampai telah (merasa) sempurna dan cukup ilmunya sekira2 membukakan Allah baginya pintu ilmu.


Ilmu itu harus digandengkan dengan Akhlak..oleh karena itu seseorang yang berilmu mestilah berakhlak serta mengajak dirinya untuk selalu berakhlak.Jangan gadaikan Akhlakmu hanya untuk memperturutkan hawa nafsumu.Dan akhlak itu mesti disandarkan kepada Allah , bukan karena dunia, bukan pula untuk wanita / pria yang kita cintai ,tapi semata2 hanya karena Allah,walaupun kemudian akan melahirkan kebencian dari orang2 kafir dan orang2 Musyrik.

Ketahuilah bahwa kemuliaan yang didapatkan oleh orang yang berilmu itu melebihi kemuliaan yang diperoleh dari selainnya (baik itu harta maupun tahta).Oleh karena itu seseorang yang berilmu (sekali lagi) mesti ikhlas karena Allah, serta sabar dalam menempuh perjalanannya, sehingga nanti akan hasil sebuah ilmu yang berkualitas.

bagi yang berminat untuk melihat beberapa video muhadarah DR.Ali Goma'a ini , silahkan meluncur ke TKP

http://www.youtube.com/user/MuftiEgypt

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images