KItab Ushul Fiqh Aliran Muta'akhirin
4:15 PM
Silsilah kitab-kitab Ushul Fiqh Aliran Muta’akhirin[1]
1. بديع النظام الجامع بين كتابي البزدوي والإحكام
Kitab ini ditulis oleh Imam Muzhfaruddin
Ahmad bin Ali Al-Hanafi yang masyhur dikenal dengan Ibn As-Sa’ati (694 H). Kitab
ini juga dikenal dengan nama Nihayah al-Wushul ila Ilm Al-Ushul. Seperti
namanya, kitab Badi’ An-Nizham ini merupakan gabungan antara kitab Al-Ihkam-nya
Al-Amidi dari golongan Mutakallim dan kitab Ushul Al-Bazdawi dari golongan
Fuqaha’[2]. Kitab
ini dipandang sebagai kitab pertama yang mencoba mengkolaborasikan antara
metode dua aliran besar Ushul Fiqh (yakni Mutakallim dan Fuqaha’). Secara garis
besar, penulisan kitab ini mengikuti gaya penulisan Al-Ihkam, terutama dari
susunan tema kitab. Sedangkan dalam masalah cabang-cabang hukum, agak lebih
banyak mengambil dari sumber-sumber ushul fiqh fuqaha’ (terutama Ushul Al-Bazdawi).
Diantara Syarah dari kitab ini :
·
Bayan
Ma’ani Al-Badi’ karangan Syamsuddin Al-Isfahani (749 H)
·
Syarah
Badi’ an-Nizham karangan Syekh At-Tibrizi (770 H)
·
Ar-Rafi’
fi Syarh al-Badi’ karangan Ibn Amir Al-Hajj (736 H)
·
Kaasyif
Ma’ani al-Badi’[3]
karangan Imam Kamal bin Al-Humam (861 H)
·
Dll
2. التنقيح
Kitab ini dikarang oleh Imam Ubaidillah
bin Mas’ud Al-Bukhari Al-Mahbubi Al-Hanafi yang lebih dikenal dengan gelar Imam
Shadr Asy-Syari’ah[4]
(747 H). Dalam penulisannya, kitab ini seolah-olah merupakan revisi ulang dari
kitab Ushul Al-Bazdawi namun disertai dengan tambahan dan catatan yang diambil
dari kitab mutakallim seperti Al-Mahsul Imam Ar-Razi dan Mukhtashar Ibn
Al-Hajib.
Diantara metode beliau dalam menulis
kitab ini adalah banyak mengambil Istidlal dari bahasa, alqur’an dan sunnah
serta banyak dalam menyebutkan masalah cabang dalam fiqh. Selain itu, beliau
sering tidak menjelaskan pemilik sebuah pendapat yang beliau nukil dalam kitab
tersebut. Walau begitu, nama Imam Syafi’i serta mazhab Syafi’i cukup menjadi
perhatian besar beliau sehingga banyak disebutkan dalam kitab ini.
Diantara Syarah dari kitab ini :
· Syarah
At-Taudhih fi Halli Ghawamidh at-Tanqih karangan beliau sendiri, yang kemudian
Imam Sa’aduddin at-Taftazani (793 H) menulis Syarah atas Syarah ini dengan nama
Syarh At-Talwih ala At-Taudhih li matn At-Tanqih fi Ushul Al-Fiqh[5].
·
Dll
3. جمع الجوامع
Kitab ini ditulis oleh Imam Abdul Wahab
bin Ali yang digelari dengan Tajuddin As-Subki (771 H). Secara umum, kitab ini
merupakan ringkasan dari dua buah kitab beliau sebelumnya yaitu Kitab Raf’u
Al-Hajib an Ibn Al-Hajib dan kitab Al-Ibhaj fi Syarh Al-Minhaj[6]. Dua kitab
beliau tadi ditambah dengan bahan penelitian beliau terhadap ratusan kitab
ushul fiqh lainnya dari berbagai aliran, lalu beliau ringkas dalam kitab Jam’u
Al-Jawami’ ini.
Secara umum, kitab ini beliau tulis ala
runutan mantiqi. Selain itu beliau tak lupa memasukkan beberapa masalah Ilmu
kalam dan Mantiq. Yang unik adalah dalam kitab ini beliau juga memakai metode
Takhrij Furu’ Ala Al-Ushul[7] dimana
beliau mengeluarkan beberapa contoh masalah cabang fiqh yang diambil dari
kaedah-kaedah yang telah ada. Selain menulis Kitab ini, beliau juga menulis
kitab Man’u Al-Mawani’ sebagai benteng atas perdebatan yang muncul pada kitab
Jam’u Al-Jawami’ ini.
Diantara Syarah atas kitab ini :
·
Tasynif
Al-Masami’ karangan Imam Az-Zarkasyi (794 H)
·
Al-Ghaits
Al-Hami’ karangan Imam Waliyuddin Al-Iraqi (826 H)
·
Al-Badr
Ath-Thali’ karangan Imam Jalaluddin Al-Mahalli (864 H) yang kemudian diberi
Hasyiah oleh Imam Al-Lubnani (1198 H) dan Imam Al-‘Athar (1250 H).
·
Dll
Diantara ringkasan atas kitab ini :
·
Lubb
Al-Ushul oleh Imam Zakaria Al-Anshari (926 H) yang kemudian beliau syarah dalam
kitab beliau Ghayah Al-Wushul.
·
Al-Badr
Al-Laami’ (berbentuk Nazham) oleh Imam Al-Asymuni (900 H)
·
Kawakib
As-Sathi’[8] (berbentuk
Nazham) oleh Imam Jalaluddin As-Suyuthi (911 H)
·
Muraqi
As-Sa’ud[9] oleh Imam
Al-‘Alawi Asy-Syanqithi (1233 H)
·
Dll
4. التحرير
Kitab ini ditulis Imam Muhammad bin
Al-Wahid Al-Hanafi yang masyhur dikenal dengan Al-Kamal bin Al-Humam (861 H).
Kitab yang lengkapnya bernama At-Tahrir fi Ushul Al-Fiqh Al-Jaami’ bayna
Istilahay Al-Hanafiyah wa Asy-Syafi’iyyah ini beliau tulis setelah sekian lama
meneliti kitab-kitab ushul fiqh dari dua aliran besar sebelumnya. Di dalam
kitab ini, beliau cukup menonjolkan komparasi antara dua mazhab besar fiqh
yakni Mazhab Syafi’i (yang menjadi pemrakarsa aliran Mutakallim) dan Mazhab
Hanafi (yang jadi pemrakarsa aliran Fuqaha’).
Diantara Syarah kitab ini :
·
At-Taqrir
wa At-Tahbir oleh Imam Ibn Amir Al-Hajj (879 H)
·
Taysir
at-Tahrir oleh Muhammad Amin Al-Bukhari (972 H)
Kitab ini juga diringkas oleh Ibn
Nujaim Al-Hanafi dalam kitab beliau Lubb Al-Ushul
Secara umum, kitab-kitab diatas adalah
kitab-kitab yang paling penting dalam aliran ushul fiqh ini. Selain dari
kitab-kitab diatas, ada juga kitab-kitab lain yang ditulis oleh beberapa ulama
dengan menggunakan metode gabungan antara Aliran Mutakallim dan Fuqaha’,
diantaranya :
·
فصول البدائع في أصول الشرائع
Kitab ini ditulis oleh Imam Al-Lafnari
(834 H) dengan menggabungkan dan meringkas beberapa buah kitab, diantaranya:
Al-Manar, Ushul Al-Bazdawi, Al-Mahsul dan Mukhtashar Ibn Al-Hajib.
·
مرقاة الوصول إلى علم الأصول
oleh Mulakhasharu (885 H)
·
الوجيز للكراماستي
oleh Al-Karamasiti (906 H)
·
رسالة في أصول الفقه لابن قطلوبغا
oleh Ibn Qathlubugha (879 H)
·
سمت الوصول إلى علم الأصول
oleh Al-Aqhishari (1025 H)
·
مسلَّم الثبوت oleh Muhibbullah al-Hindi
(1119 H)
·
Dan lain-lain
[1] Aliran ini disebut juga dengan
Thariqah Al-Jam’ karena mereka menggabungan antara dua metodologi penulisan
aliran mutakallim dan fuqaha
[2] Sebenarnya, dalam kitab ini tidak
mutlak merupakan ringkasan dari dua kitab tersebut, namun imam Ibn As-Sa’ati
juga mengambil dari kitab-kitab lain seperti Ushul As-Sarkhasi, Al-Burhan Imam
Juwaini dan kitab-kitab ushul fiqh lainnya.
[3] Syarah yang bernama sama juga
dikarang oleh Imam Sirajuddin Umar bin Ishaq al-Hind (773 H). Hal ini menjadi
khilaf sendiri diantara pakar sejarah tentang siapa pemilik kitab ini
sebenarnya atau apakah keduanya mengarang kitab yang bernama sama.
[4] Lebih tepatnya Shadr Asy-Syari’ah
Al-Ashghar untuk membedakannya dari Imam Shadr Asy-Syari’ah Al-Akbar yakni Imam
Ahmad bin Ubaidillah bin Ibrahim Al-Mahbubi yang merupakan kakek dari Imam
Shadr Asy-Syari’ah Al-Ashghar.
[5] Atau dikenal juga dengan nama
At-Talwih ila Kasyf Haqaiq at-Tanqih
[6] Syarah Al-Ibhaj ini sebelumnya
ditulis oleh ayah beliau Imam Taqiyuddin As-Subki, lalu disempurnakan
sepeninggal ayah beliau.
[7] Metode Takhrij Furu’ ala Al-Ushul ini
kemudian juga dianggap salah satu metode penulisan kitab Ushul Fiqh semisal
kitab Ta’sis An-Nazhar imam Ad-Dabusi, Takhrij Al-Furu’ ala Al-Ushul imam
Az-Zinjani dan lain-lain. Insya Allah akan kita bahas dalam tulisan berikutnya.
[8] Nazham ini kemudian disyarah oleh
beberapa ulama, diantaranya oleh Imam As-Suyuthi sendiri, lalu Ibn Hilulu
dengan nama Adh-Dhiya’ Al-Laami’, lalu Muhammad Hasan Al-Khadim dengan nama
Sullam Al-Mathali’ li Dark Al-Kawakib As-Sathi’, lalu oleh Muhammad Adam
Al-Atsyubi dengan nama Al-Jalis As-Shalih An-Nafi’ , dan lain-lain.
[9] Nazham ini juga banyak disyarah
ulama, diantaranya oleh beliau sendiri dalam kitab Nasyr Al-Bunud, lalu oleh
Al-Murabith Asy-Syanqithi dalam kitab Muraqi As-Sa’ud, lalu oleh Al-Wilayati
dalam kitab Fath Al-Wadud, dan lain-lain.
0 komentar