Kitab Nihayatu Al-Mathlab Imam Haramaini Juwaini
11:09 AM
Mengenal kitab “Nihayatu Al-Mathlab” Imam Haramaini Juwaini
Menurut mayoritas pakar, aktifitas penulisan kitab fiqh mazhab
Syafi’i dimulai oleh Imam Muzani lewat kitab Al-Mukhtashar (Mukhtashar Muzani).
Walau masing-masing murid Imam Syafi’i sempat menulis kitab yang merupakan
hasil interaksi dan koresponden mereka langsung dengan Imam, Kitab Mukhtashar
Muzani lebih terlihat implikasinya dalam menelurkan begitu banyak kitab-kitab
fiqh mazhab Syafi’i di era setelahnya.
Dari sekian banyak kitab fiqh Syafi’i yang berbasis kepada kitab
Mukhtashar Muzani, ada 3 buah kitab yang sangat memberikan efek luar biasa pada
perkembangan kitab Fiqh mazhab Syafi’i. Ketiganya adalah Kitab Al-Hawi Al-Kabir
karangan Imam Mawardi, Syarah dan Ta’liq oleh Abu Thayyib Ath-Thabari dan Nihayatu Al-Mathlab karangan Imam
Haramaini Juwaini. Al-Hawi Al-Kabir menjadi salah satu rujukan dalam kitab
komparasi Mazhab, karena selain memuat begitu banyak pendapat dalam mazhab
Syafi’i, Imam Mawardi juga menuliskan pendapat mazhab lain lalu menunjukkan
kelebihan pendapat mazhab Syafi’i dalam masalah yang dibahas. Ta’liq Abu
Thayyib Ath-Thabari sendiri menjadi basis kitab Al-Muhazzab Imam Syirazi yang
kemudian di syarah oleh Imam Nawawi dalam Majmuk-nya. Kitab Muhazzab sendiri
kemudian dikenal sebagai salah satu dari lima kitab yang paling masyhur dalam
mazhab Syafi’i.
Nihayatu Al-Mathlab sendiri bisa dianggap sebagai kitab inti
kedua dalam mazhab syafi’i selain Mukhtashar Muzani yang jadi induk bagi
kitab-kitab fiqh syafi’i. Nihayatu Al-Mathlab Imam Juwaini adalah basis
bagi kitab-kitab fiqh Imam Ghazali (Al-Basith, Al-Wasith, Al-Wajiz) yang
menelurkan kitab-kitab Imam Rafi’i dan Imam Nawawi serta kitab-kitab fiqh
Syafi’i setelahnya. Sebagian fuqaha’ bahkan sampai berkata “Semenjak Imam Haramaini
Juwaini menulis kitabnya Nihayatu Al-Mathlab, para Fuqaha’ hanya sibuk meneliti
dan beraktifitas ilmiah terhadap kitab tersebut”. Kitab ini digelari sebagai
tali perantara mazhab Syafi’i, lantaran begitu banyak kitab-kitab fiqh
setelahnya terpengaruh bahkan menjadikan kitab ini basis dalam penulisan kitab
fiqh selanjutnya. Kitab ini adalah penghubung antara kitab fiqh generasi
setelahnya dengan pendapat Imam Syafi’i dan murid-muridnya (yang meriwayatkan
pendapat Imam Syafi’i).
Kitab Nihayatu Al-Mathlab menurut para ulama tidak hanya
mengambil dari Mukhtashar Muzani, namun juga dari kitab-kitab murid Imam
Syafi’i sendiri seperti Imam Buwaithi, Rabi’i Al-Muradi bahkan tak jarang
langsung mengambil ke kitab-kitab Imam Syafi’i sendiri seperti Al-Umm dan
Al-Imla’. Walau begitu, dalam metodologi penulisan, Imam Juwaini menjadikan
kitab Mukhtashar Muzani sebagai landasannya. Beliau menyusun bab-bab kitab
tersebut sesuai susunan Imam Muzani dalam Mukhtasharnya.
Salah satu peran penting kitab Ini dalam mazhab Syafi’i adalah
Imam Juwaini berusaha untuk memilah dan mengelompokkan mana saja yang pendapat
Imam Syafi’i, pendapat para Ashabul wujuh serta pendapat para mujtahid muntasib
lainnya. Bisa dibilang, beliaulah Fuqaha’ pertama yang menjadi pentarjih dan
pentahrir masalah-masalah serta pendapat-pendapat dalam internal Mazhab
Syafi’i. Beliau –dalam kitab ini- menjelaskan mana pendapat Imam Syafi’i yang
kuat dan lemah, mana pendapat Ashab yang sahih dan dlai’f, serta mana saja
pendapat yang dianggap kuat dalam mazhab Syafi’i dan mana yang lemah. Jika ada
pendapat fuqaha’ dalam mazhab Syafi’i yang dianggap tidak sesuai dengan kaedah
yang telah ditetapkan oleh Imam Syafi’i, beliau akan memberikan catatan khusus
terhadapnya. Biasanya beliau akan berikan komentar berupa “pendapat ini menyalahi
mazhab”, lalu kemudian beliau jelaskan pendapat yang sesuai dengan kaedah dan
ushul dalam Mazhab Syafi’i.
Selain usaha beliau diatas, beliau juga dikenal melakukan tajdid
dalam mazhab syafi’i lewat kitab ini. Tajdid beliau tersebut berupa
ijtihad-ijtihad pribadi yang terkadang menyelisihi pendapat mazhab. Selain itu, beliau juga menetapkan beberapa
kaedah yang beliau tuliskan jika tidak ditemukan pendapat yang disepakati oleh
mazhab dalam suatu masalah dimana kaedah tersebut dapat mengantarkan fuqaha’ untuk
menentukan sendiri hukum yang tepat sesuai koridor mazhab syafi’i.
Diantara keutamaan kitab ini :
·
Pendapat beliau selalu
disandarkan pada pembacaan yang utuh dan menyeluruh terhadap Ruh Syari’ah (via
Nash Syar’i) serta Maqashid Syari’ah
·
Ketelitian beliau dalam menukil
pendapat-pendapat Fuqaha’ Mazhab Syafi’i serta menelitinya dengan seksama.
Beliau sendiri memang sangat terkenal teliti dalam melakukan cek dan ricek
sebuah pendapat.
·
Meletakkan beberapa kaedah dan
parameter yang bisa dijadikan landasan dalam menetapkan hukum baru.
·
Beliau menggunakan sistematika
penulisan Imam Muzani dalam Mukhtashar-nya.
·
Dalam beberapa pendapat, beliau
sangat berpegang pada pendapat salafus saleh (dimana menurut beliau pendapat
Imam Syafi’i adalah pendapat yang paling tengah-tengah). Walau begitu, beliau
juga insyaf dan berani menyebutkan pendapat lain yang lebih kuat dari pendapat mazhab Syafi’i.
·
Pembacaan terhadap fakta menjadi
salah satu piranti pokok beliau dalam menetapkan dan memilih sebuah
pendapat/hukum.
·
Mendahulukan Khabar dan Hadits
ketimbang Qiyas dalam penyebutan dalil.
Mengenal Imam Haramaini Juwaini
Nama asli beliau adalah Abdul Malik, sedangkan ‘alam kunyah (nama
dengan tambahan abu) beliau adalah “Abul Ma’ali”, dan ‘alam laqob (nama
julukan/gelar) beliau adalah “Imamul Haramaini” yang artinya Imam 2 tanah
harom, maksudnya tanah harom Mekah dan tanah harom Madinah, selain itu beliau
juga diberi gelar “Dhiya’uddin” (Cahaya Agama) dan juga “Fakhrul Islam”
(kebanggaan Islam). Beliau diberi gelar “Imamul Haramaini” karena beliau sempat
bermukim di kota Mekah selama 4 tahun, begitu juga beliau pernah bermukim di
kota Madinah selama 4 tahun, dikedua tempat tersebut beliau mengajar dan
berfatwa.
Sedangkan nasab beliau adalah Abdul Malik bin Abdulloh bin Yusuf
bin Muhammad bin Hayyuyah Al-Juwaini As-Sanbasi, At-Tho’I An-Naisaburi
Asy-Syafi’i. Juwain adalah salah satu daerah dikawasan Naisabur, sedangkang
Sanbas adalah salah satu kabilah/suku yang terkenal di daerah Thoyy.
Mayoritas ahli sejarah berpendapat bahwa imam Haramaini dilahirkan
pada tanggal 18 muharrom tahun 419 H. di Naisabur, salah satu kota bagian
Khurosan, yang kini termasuk wilayah Negara Iran. Naisabur adalah satu kota
yang saat itu menjadi salah satu pusat kebudayaan di Khurosan.
Beliau dibesarkan ditengah – tengah keluarga yang shaleh dan
bertakwa. Ayah beliau, Abdulloh bin Yusuf Abu Muhammad Al-Juwaini adalah seorang ulama’ yang terkenal dalam
bidang ilmu tafsir, fiqih, bahasa arab dan sastra, dan mengajar ilmu fiqih
disalah satu madrasah yang ada dikota Naisabur. Sedangkan ibu beliau adalah
seorang budak wanita yang shalehah yang dibeli oleh ayahnya dengan uang yang
tak tercampur sedikitpun dengan harta syubhat, ayah Imam Haramaini juga hanya
memberikan nafkah dari harta yang murni halal kepada ibunya sampai ibunya
mengandung beliau. Ayah beliau memang memegang kuat prinsip untuk tidak
memberikan makanan bagi keluarga dan anknya kecuali dengan harta yang halal,
dengan keyakinan yang teguh bahwa harta yang tidak halal akan merusak agama dan
dunia, dan member pengaruh buruk pada orang yang memakannya.
Tempat pertama bagi beliau untuk belajar adalah rumahnya sendiri,
dibawah bimbingan ayahnya beliau menghafalkan al-qur’an dan juga belajar ilmu
tafsir, hadits, fiqih, ushul dan sastra, beliau juga mempelajari semua kitab –
kitab karya ayahnya dengan dibawah bimbingan ayahnya langsung.
Selain itu beliau juga belajar hadits kepada beberapa guru,
seperti Syaikh Abu Manshur dan lainnya. Di masa mudanya beliau tak mau hanya
mengikuti pendapat – pendapat ayah beliau dan teman – temannya sebelum masalah
itu benar benar dikaji secara mendalam, beliau mengkaji setiap masalah secara
sungguh – sungguh dengan memperhatikan pendapat – pendapat dalam madzhab Imam
Syafi’I dan juga dari madzhab lainnya saat berdiskusi, hal tersebut yang
membuat beliau sangat menonjol diantara teman – teman diskusinya, sehingga pada
saat usia beliau belum menginjak umur 20 tahun beliau sudah dijadikan ketua
dalam diskusi yang diadakan dimajlis ayahnya.
Namun itu semua tak membuat minat belajar beliau berkurang, pada
pagi buta beliau sudah pergi ke masjid ustadz Abu Abdulloh Al-Khobazi, beliau
membaca al-qur’an dan mempelajari beberapa ilmu pada gurunya tersebut, setelah
selesai beliau kembali ke madrasah ayahnya dan mengajar disana, setelah selesai
mengajar beliau pergi ke madrasah Al-Baihaqi, disana beliau belajar ilmu kalam
(ilmu tauhid/ushuluddin) pada Al-Ustadz Abul Qosim Al-isfaroyini. Begitulah
keseharian beliau, menuntut ilmu mulai dari kecil sampai dimasa tua, bahkan
saat sudah menjadi guru di madrasah.
Imam Haramaini mempelajari berbagai cabang ilmu dari beberapa guru
dan para masyayikh yang hidup dimasa itu. Guru – guru utama beliau adalah
sebagai berikut :
1. Ayah
beliau sendiri, Syaikh Abu Muhammad, Abdulloh bin Yusuf Al-Juwaini, seorang ulama’
ahli dalam bidang ilmu fiqih, ushul dan tafsir. Diantara kitab – kitab karyanya
yang terpenting adalah; Syarah kitab Ar-risalah karya Imam Syafi’I, Tafsir
Al-Kabir, At-tabshiroh Wat-Tadzkiroh, Al-Furuq, as-Silsilah, Mauqiful Imam Wal
Ma’mum dan Mukhtashorul Muhtashor. Syaikh Abdulloh al-Juwaini wafat pada tahun
438 H.
2. Syaikh
Abul Qosim Al-Isfaroyini Al-Iskaf, Abdul Jabbar bin Ali bin Muhammad bin
Haskan, ulama’ ahli ilmu fiqih, ushul dan ilmu kalam, beliau belajar pada
Syaikh Abu Ishaq Al-isfaroyini dan Syaikh Abdulloh bin Yusuf Al-Ashfihani,
beliau wafat pada tahun 452 H. Syaikh Abul Qosim Al-Isfaroyini merupakan guru
utama Imam Haramaini dalam ilmu kalam,
3. Syaikh
Abu Abdulloh Al-Khobbazi, Muhammad bin Ali bin Muhammad bin Hasan, seorang
ulama’ utama yang ahli dalam ilmu qiro’ah (bacaan) al-qur’an di kota Naisabur,
beliau dilahirkan pada tahun 372 H. dan wafat pada tahun 449 H. Imam Haramaini
belajar al-qur’an pada beliau diwaktu pagi hari sebelum mengajar.
4. Al-Imam
Az-Zahid Asy-Syaikh Fadhlulloh bin Ahmad bin Muhammad Al-Maihani, beliau wafat
pada tahun 440 H.
5. Al-Qodhi
Asy-Syaikh Abu Ali, Husain bin Muhammad bin Ahmad Al-Marudzi, ulama’ yang
menjadi guru utama dalam fiqih madzhab Imam Syafi’i. Dalam kitab – kitab fiqih
madzhab syafi’I nama beliau bisa disebut dengan “Qodhi Husain”, beliau mendapat
julukan “Habrul Ummat” (Ahli/pakarnya umat islam), diantara kitab karya beliau
adalah ‘At-Ta’liqoh Al-Kubro’ dan ‘Al-Fatawi’. Beliau wafat pada tahun 462 H.
6. Al-hafidh
Abu Na’im Al-Ashfihani, Ahmad bin Abdulloh bin Ahmad bin Ishaq, penulis kitab
yang terkenal; “Hilyatul Ulama’. Salah seorang pembesar ulama’ – ulama’ ahli
hadits, beliau wafat pada tahun 430 H.
7. Abul
Qosim Al-Furoni Al-Maruzi Asy-Syafi’i, Abdurrohman bin Muhammad bin Ahmad bin
Furon, ulama’ ahli ilmu fiqih madzhab syafi’I yang menjadi pemimpin ulama’ –
ulama’ ahli fiqih didaerah Marwa, beliau banyak menulis kitab tentang ushul,
fiqih dan khilaf ulama’, diantara karya beliau adalah kitab “Al-ibanah”, beliau
wafat pada tahun 463 H.
8. Imam
Baihaqi, Abu Bakar, Ahmad bin Al-Husain Al-Baihaqi An-Naisaburi, salah seorang
ulama’ pembesar ilmu hadits dan fiqih madzhab syafi’i. Setelah belajar pada
beliau, Imam Haramaini juga ikut mengajar dimadrasah Imam Baihaqi> Imam Haramaini
sangat mengagumi gurunya ini, sampai – sampai beliau mengatakan; “Semua orang
yang mengikuti madzhab syafi’I memiliki hutang budi kepada Imam Syafi’I,
kecuali Imam Baihaqi, sebaliknya Imam Syafi’I mempunyai hutang budi pada beliau
karena kitab – kitab karya beliau yang ditulis untuk membela pendapat –pendapat
Imam Syafi’I dan madzhabnya”. Diantara kitab karya beliau adalah “As-Sunan
Al-Kubro”, “Ma’rifatus Sunan Wal Atsar” dan Al-Mabsuth”. Beliau wafat pada
tahun 458 H.
Imam Haramaini banyak menelurkan ulama’ – ulama’ yang sangat
terkenal di zamannya, Syaikh Ibnul Jauzi bercerita; “setiap hari tak kurang
dari 300 orang yang menghadiri majlis beliau untuk belajar, dan banyak dari
mereka yang menjadi ulama’ – ulama’ besar, bahkan sebagian dari mereka sudah
mengajar disaat beliau masih hidup”.
Diantara murid – murid beliau yang terkenal adalah :
1. Imam
Ghozali, Syaikh Abu Hamid, Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Ahmad
At-Thusi Al-Ghozali, penulis kitab – kitab terkenal seperti “Ihya’ ulumiddin”,
“Al-Mankhul”, “Al-Mustashfa” dan lainnya, beliau wafat pada tahun 505 H.
2. Imam
Ilkiya Al-Harrosi, Syaikh Abul Hasan Ali bin Muhammad bin Ali Ath-thobari,
seorang ahli fiqih madzhab syafi’i, ushul dan hadits yang mendapat gelar
“Imaduddin” (Tiang agama). Diantara kitab karya utama beliau adalah ‘Syifa’ul
Mustarsyidin” dan “Ahkamul Qur’an”. Beliau wafat pada tahun 504 H.
3. Syaikh
Ahmad bin Muhammad bin Al-Mudhoffar An-Naisaburi, ulama’ ahli fiqih madzhab
syafi’i yang menjadi salah satu murid andalan Imam Haramaini, beliau wafat pada
tahun 500 H.
4. Al-Ustadz
Abu Nashr, Abdurrohim bin Abdul Karim bin Hawazin, putra dari Imam Abul Qosim
Al-Qusyairi, penggemar kitab tafsir, fiqih dan ilmu kalam, diantara kitab karya
beliau adalah “Al-Maqomat” dan “Al-Adab”, beliau wafat pada tahun 154 H.
Kitab – Kitab karya Imam Haramaini
Beliau meninggalkan banyak kitab karangan yang sangat bermanfaat
dan terkenal. Berikut ini diantara karya – karya beliau;
1. Nihayatul
Mathlab Fi Diroyatil Madzhab
2. Ghiyatsul
umam Fit-Tiyatsidh Dhulam
3. Al-Aqidah
An-Nidhomiyah
4.
Asy-Syamil Fi Ushuliddin
5. Mughitsul
Kholqi Fi atba’il Haqqi
6. Madarikul
Uqul
7. Al-Burhan
Fi Ushulil Fiqhi
8. Al-Irsyad
Fi ushulil Fiqhi
9.
At-Talkhish Fi Ushulil fiqhi
10.
Al-Waroqot Fi Ushulil Fiqhi
Imam Haramaini wafat didesa Busytaniqon, pada malam rabu setelah
sholat isya’, tanggal 25 bulan Robi’ul Akhir tahun 478 H. dalam usia 59 tahun
0 komentar