Kenikmatan Ilmu

7:08 PM

Abu Husein Ahmad bin Faris Al-Lughawi : Aku mendengar Ustadz Ibn Amid berkata : Dulu aku menyangka bahwa tiada kenikmatan di dunia ini yang lebih lezat dari posisi raja dan menteri dimana aku telah merasakannya. Hingga aku menyaksikan dialog Abu Qasim Ath-Thabrani dan Abu Bakar Al-Ji'abi. Dalam dialog itu Ath-Thabrani mengalahkan Abu Bakar lantaran kuat hafalannya. Dan Abu Bakar mengalahkan Ath-Thabrani lantaran kepintaran dan kecerdasannya. Perdebatan itu begitu sengit hingga keduanya saling meninggikan suara dan argumentasi mereka saling mengalahkan satu sama yang lain.

Abu Bakar Al-Ji'abi : Aku memiliki hafalan sebuah hadits yang tidak dimiliki oleh seorang pun di dunia ini selainku.

Ath-Thabrani : Coba tunjukkan padaku.

Al-Ji'abi : Telah menceritakan kepadaku Abu Khalifah Al-Jumahi, telah menceritakan padaku Sulaiman bin Ayyub, lalu setelah itu Al-Ji'abi menyebutkan hadits yang ia maksud.

Ath-Thabrani pun mengomentarinya : Telah mengkhabarkan padaku Sulaiman bin Ayyub, dan hadits ini telah di dengar oleh Abu Khalifah Al-Jumahi dariku. Maka dengarkanlah hadits itu dariku agar sanad hadits yang kamu klaim itu naik. Al-Ji'abi sendiri kaget dan malu mendengarnya.

Ibn Amid pun berkata : Sungguh seandainya tidak ada yang namanya jabatan menteri dan aku adalah Ath-Thabrani, maka aku pun akan begitu bahagia.

Sumber : Siyar A'lam Nubala

***

Hanya mereka yang tenggelam dalam nikmatnya ilmu yang bisa merasakan sensasi seperti itu. Seorang ilmuan, menemukan sebuah bahan, ia lalu berusaha keras memecahkannya, lalu galau saking sulitnya, hingga akhirnya ia akan tersenyum puas begitu mengetahui penyelesaiannya.


Pernah merasakannya ??? 

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images