Tentang Mesir

2:59 PM


Profil Singkat Mesir



Nama negara : Jumhuriyah Misr Al-arabiya ( Arab republik of Egypt )


Kepala Negara :pesident Mohammad Hosni Mubarok (sejak 1981 )


Perdana Mentri : DR. Athief Abied


Hari Nasional : 23 Juli ( Hari revolusi )


Lagu kabangsaan : Bilady, Bilady, Bilady


Ibu Kota : Cairo, Kode telepon 20-2


Kurs mata Uang : US$1 = LE.5,69 ( Pound egypt )


Pecahan mata uang :1 pound = 100 piastres ( yang beredar 5,10,20,25,50 piastres )


Uang Pound yang beredar : 1,5,10,20,50,100 pound



Waktu : Perbedaan waktu Mesir dan Indonesia


Musim dingin ( Oktober-April ) lebih lambat 5 jam


Musim Panas ( mei - September ) lebih lambat 4 jam


( Indonesia jam 6 subuh = Jam 12 malam kairo )


Iklim :



Musim Panas ( Shaif ) : mei - Juli (Suhu sekitar 20 - 45 derjat celcius)


Musim gugur ( Kharif ) : Agustus - Oktober (Suhu sekitar 14 - 38 derjat celcius)


musim Dingin ( Syita' ) : november - Januari (Suhu sekitar 4 - 20 derjat celcius)


Musim Semi ( Rabi' ) : Februari - April (Suhu sekitar 12 - 32 derjat celcius)



Maskapai Penerbangan : Misr li Thairan ( Egypt Air ) untuk skala internasional

Sinai Air ( Khusus penerbangan Regional )


Agama : Islam ( 94,12% ) kristen (5,8% ) Yahudi ( 0,1% )


Makanan Pokok Gandum, Roti ('Isy ), kacang ( ful ), beras.


Produk pertanian : kapas, Gandum, bersa, gula, Susu, Korma, domba, Ayam dll.


Industri Utama : Semen, pupuk, goni, Aluminium, Gula, besi dan baja, produk kapas, kimia


Bendera : bendera negara Mesir terdiri dari 3 warna :

Merah Atas : cermin pengorbanan dan kesugguhan demi kehormatan negara.

putih Tengah : Cermin perdamaian dan ketentraman

Hitam bawah : Cermin dari revolusi Mesir 23 Juli 1952 masa dalam jajahan.




Demografi




Mesir merupakan negara Arab paling banyak penduduknya sekitar 74 juta orang. Hampir seluruh populasi terpusat di sepanjang Sungai Nil, terutama Iskandariyah dan Kairo, dan sepanjang Delta Nil dan dekat Terusan Suez. Hampir 90% dari populasinya adalah pemeluk Islam dan sisanya Kristen (terutama denominasi Coptic.




Penduduk Mesir hampir homogenous. Pengaruh Mediterania (seperti Arab dan Italia) dan Arab muncul di utara, dan ada beberapa penduduk asli hitam di selatan. Banyak teori telah diusulkan mengenai asal-usul orang Mesir, namun tidak ada yang konklusif, dan yang paling banyak diterima adalah masyarakat Mesir merupakan campuran dari orang Afrika Timur dan Asiatik yang pindah ke lembah Nil setelah zaman es. Orang Mesir menggunakan bahasa dari keluarga Afro-Asiatik (sebelumnya dikenal sebagai Hamito-semitic).



Propinsi :



Kairo Ibu Kota kairo

Giza Ibu Kota Giza

Daqqahliyah Ibu Kota Manshurah

Syarqiyah Ibu Kota Zagazig

Buhairah Ibu Kota Damanhur

iskandariyah Ibu Kota iskandariyah

Gharbiyah Ibu Kota Thanta

Qalyubiyah Ibu Kota Benha

El-minya Ibu Kota El-minya

Sohag Ibu Kota Sohag

Qena Ibu Kota Qena

manufiyah Ibu Kota Syibin El koum

Asyut Ibu Kota Asyut

Kafr Syaikh Ibu Kota kafr Syaikh

Faiyoun Ibu Kota faiyoum

Bani suef Ibu Kota Bani Suef

Aswwan Ibu Kota Aswan

Dimyath Ibu Kota Dimyath

Ismailiah Ibu Kota islmailiah

POrt said Ibu Kota Port Said

Suez Ibu Kota Suez

matruh Ibu Kota Marsa Matruh

Sinai utara Ibu Kota 'Ariesy

El-wadiljadid Ibu Kota El-wadio jadid

Bahrul Ahmar Ibu Kota Hurghada

Sinai Selatan Ibu Kota






Dalam wajah modern kini, Mesir telah banyak mengalami kemajuan di bandingkan dengan sebelumnya dengan pendapatan perkapita US$ 1221, Tingkat Inflasi 2,5%, Mesir terus beranjak dari epringkat negara ketiga.Devisa utamanya banyak dihasilkan dari sektor pariwisata, hasil minyak , terusan suez dan beberapa industri menengah.




menempati wilayah seluas 1.002.000 km2, Mesir termasuk negara yang pengaturan penduduknya paling tidak merata di dunia.dimana hampir hampir 99% penduduk tinggal berdesakan pada sekitar 4% dari seluruh luas areal ( seanjang sungai nil ). Penyeabnya tentu karena 96% wilayahnya terdsiri dari padang pasir yang gersang. Panduduk negara ini sekarang mencapai 68,5 juta jiwa.dengan kepadatan penduduk 62 jiwa perkilometer persegi.Walau begitu pemerintah terus berusaha agar penyebaran penduduk tidak ahanya berpusat pada kota-kota lama, tapi juga menyebar pada kota satelit baru, seperti 6 october city,10 th of ramadhan city, sinai dan kawasan upper egypt.




Mesir terletak antara benua asia dan Afrika, meskipun orang banyak menganggap sebagian dari afrika, karena lebih dari 90% datarannya ada di Afrik, Posisi Mesir yang dekat dangan Asia dan bersebrangan dengan Eropa memang keliahatan srategis. disebelah utara berbatasan dengan laut tengah, sebelah selatan dengan sudan, sebelah barat dengan Libya sebelah timur dengan laut merah dan palestina dan israel.Negra yang luasnya lebih besar 2 kali dari pada pulau Sumatera adalh produsen katun terbesar dan merupakan eksprotir kapas keenam dunia.Selain juga termasuk negara dengan jumlah mahasiswa asing terbanyak, terutama kota kairo yang terkenal padat.
Sebagai pemilik peradaban lama, Mesir gencar menjual pariwisata budayanya.Devisa yang diperoleh mencapai US$ 3,4 milliar dengan jumlah wisatawan melampaui limit 2 juta setiap tahun.Nilai ekspornya sendiri hanya US$ 7,1 Milliar sementara nilai ekspor US$ 17,5 milliar.namun demikian meisr menyimpan harapan income yang tinggi pula dari terusan suez hingga 2002 sebanyak US$ 1,819 milliar telkah masuk ke kantong negara lewat sektor ini.



Peningkatan tersebut disebabkan bertambahnya kapal-kapal gas dan container yang melewati terusan suez denga kapasitas angkut 23 juta ton. untu itu penggalian terusan juga di tingkatkan hingga kedalaman 60 kaki. sedang perolehan dari pajak sangat sedikit. ini berkaitan dengan kebijaksanaan pemerintah yang menurunkan nilai pajak dan memperbesar subsidi, demi stabilitas didalam negeri.



Mesir juga bertumpunpada pada sektor pertanian , dimana dari sketor ini sanggup menampung 31% dari jumlah tenaga kerja. bendungan Aswan yang dibuka kembali pada awal 1971 mampu menignkatkan 30% supali air untuk pertanian. Usaha membuka lahan baru kini menjadi proyek utama, seperti tosyka, meskipun sebelumnya telah di lakukam dengan keberhasilan cukup minim.Bendungan tinggi Aswan kini berfungsi mengontrol banjir tahunan yang pernah menyebabkan lembah nil berada di bawah air, disamping juga sebagai pembangkit listrik.



Bidang pertahanan dan keamanan juga menjadi fokus utama pemerintah negeri ini.sebagai kekuatan ketiga dalam mliter di timur tengah setelah israel dan syria, serta yang teregolong terkuat di kawasan Afrika, Mesir tak segan mengeluarkan ongkos tinggibagi departement pertahanan dan angkatan bersenjatanya.
menyangkut penerbitan Pers, mesir menganut sistem kelembagaan.Setiap lebaga dan partai politikberhak menerbitkan lebih dari satu media cetak.Ada beberapa lebaga pers nasional yang meluncurkan media cetak dalam jumlah besar.salah satunya dalah lembaga Al-ahram yang menerbitkan surat kabar al-ahram ( berbahasa arab ), Mingguan Al-ahram weekly ( berbahasa inggris ), dan Al-Ahram Ebdo ( berbahsa perancis).Distribusinya meluas hingga Amerika dan Eropa lewat jasa satelit.Al-ahram juga menerbitkan majalah



Kehidupan beragama



Agama memiliki peranan besar dalam kehidupan di Mesir. Secara tak resmi, adzan yang dikumandangkan lima kali sehari menjadi penentu berbagai kegiatan. Kairo juga dikenal dengan berbagai menara masjid dan gereja. Menurut konstitusi Mesir, semua perundang-undangan harus sesuai dengan hukum Islam. Negara mengakui mazhab Hanafi lewat Kementerian Agama. Imam dilatih di sekolah keahlian untuk imam dan di Universitas Al-Azhar, yang memiliki komite untuk memberikan fatwa untuk masalah agama.



90% dari penduduk Mesir adalah penganut Islam, mayoritas Sunni dan sebagian juga menganut ajaran Sufi lokal. Sekitar 10% penduduk Mesir menganut agama Kristen; 95% dalam denominasi Koptik (Koptik Ortodoks, Katolik Koptik, dan Protestan Koptik.



Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Mesir

http://landsune.blogspot.com/2009/05/sepintas-tentang-mesir.html

berbagai sumber lainnya

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images