Gelar-Gelar Fuqaha yang sering ditemukan dalam kitab-kitab Fiqh Hanafi

2:27 AM


Pengetahuan terhadap nama, gelar dan kunyah seorang ulama merupakan hal yang sangat diperhatikan oleh ulama terdahulu. Hal tersebut merupakan bagian dari proses ilmiah dimana seorang pelajar atau akademisi mengetahui identitas seorang ulama lengkap dengan nama, gelar dan kunyah mereka. Semakin kita mengenal identitas seorang ulama, akan semakin matang proses kita dalam menimba ilmu. Mengingat bahwa seorang ulama adalah bagian dari dinamika ilmu itu tersendiri.

Laqab[1] atau gelar sendiri secara umum terbagi kepada 3:
1.      Laqab Tasyrif, gelar ini biasanya diberikan untuk memuliakan seseorang
2.      Laqab Ta’rif, gelar yang biasanya diberikan untuk mengenal seseorang lebih terperinci atau untuk membedakannya dari orang lain yang memiliki ciri khas hampir sama dengannya
3.      Laqab Taskhif, gelar yang biasanya diberikan untuk menghina seseorang

Pada tulisan terdahulu, kita sudah sempat membahas gelar-gelar fuqaha’ yang biasanya sering kita temukan dalam kitab-kitab mazhab Syafi’i (lihat disini). Tulisan kali ini akan mencoba sedikit membahas tentang gelar-gelar fuqaha’ yang biasanya kita temukan dalam kitab-kitab mazhab Hanafi. Hal ini menjadi sangat penting terutama bagi para peminat dan pengkaji fiqh komparatif antar mazhab, sehingga tidak terjadi kekeliruan dalam memahami istilah antar mazhab. Sekedar catatan, dalam tulisan ini biografi ulama dan fuqaha tersebut hanya ditulis secara ringkas. Untuk biografi lengkapnya silahkan langsung rujuk kitab yang lebih lengkap seperti Siyar A'lam An-Nubala dan Thabaqat Al-Hanafiyah.

Diantara gelar-gelar tersebut adalah:

·         Al-Aimmah Al-Arba’ah / الائمة الاربعة

Al-Aimmah Al-Arba’ah yang dimaksud adalah Para Imam Mazhab Fiqh yang 4, yakni Imam Abu Hanifah, Imam Malik bin Anas, Imam Muhammad bin Idris Asy-Syafi’i dan Imam Ahmad bin Hanbal.

·         Al-Aimmah Ats-Tsalatsah / الائمة الثلاثة

Yang dimaksud dengan Al-Aimmah Ats-Tsalatsah adalah Imam Abu Hanifah, Imam Abu Yusuf dan Imam Muhammad bin Hasan Asy-Syaibani. Ketiga Imam ini adalah Rujukan utama dalam Mazhab Hanafi.

Imam Abu Yusuf adalah salah seorang Rujukan Utama dalam Mazhab Hanafi. Nama lengkap beliau adalah Ya’qub bin Ibrahim Al-Anshori Al-Kufi, Abu Yusuf. Lahir pada Tahun 113 H dan wafat Tahun 182 H. Ia belajar dari Hisyam bin Urwah, ‘Atha bin Saib, Yahya bin Sa’id Al-Anshary dan tentu saja Imam Abu Hanifah serta ulama-ulama lainnya. Banyak sekali para ulama yang belajar dan mengambil hadits dari beliau, diantaranya: Muhammad bin Hasan, Ma’la bin Manshur, Yahya bin Ma’in, Ahmad bin Hanbal, Asad bin Al-Farat dan lain-lain. Semasa hidupnya, beliau pernah diangkat menjadi Hakim Agung (Qadhi Al-Qudhat). Beliau terkenal sebagai seorang ahli logika, hadits, fiqh dan ilmu-ilmu lainnya.

Muhammad bin Hasan, nama lengkap beliau adalah Abu Abdillah, Muhammad bin Hasan Asy-Syaibani. Lahir pada tahun 131 H. Beliau pernah belajar dari Imam Malik, Imam Awza’i, Sufyan Ats-Tsauri, Abu Hanifah, Abu Yusuf dan lain-lain. Beliau adalah murid Imam Abu Hanifah yang paling banyak dan berjasa dalam mengembangkan serta menyebarkan Mazhab Hanafi. Buku-buku karangan beliau merupakan rujukan utama dalam fiqh hanafi, diantaranya: Al-Mabsuth, Al-Jami’ Ash-Shogir, Al-Jami’ Al-Kabir, As-Siyar Ash-Shogir, As-Siyar Al-Kabir, Az-Ziyadat (kumpulan kitab beliau ini, dalam istilah mazhab hanafi dikenal dengan “Zhahir Ar-Riwayah / Al-Ushul”. Imam Syafi’i ketika rihlah ke Iraq sempat belajar pada beliau. Beliau wafat tahun 187 H.

·         Al-Ustadz / الاستاذ

Istilah Al-Ustadz dalam fiqh mazhab hanafi biasanya merujuk kepada Imam Abdullah bin Muhammad bin Ya’qub bin Harits bin Khalil As-Sabdzamuni (Nisbah kepada sebuah desa di negeri Bukhara). Lahir pada tahun 257 H. Beliau lalu mengadakan perjalanan ilmiah ke Iraq dan Hijaz. Beliau mempunyai beberapa karangan, diantaranya kitab Kasyf Al-Atsar fi Manaqib Imam Abi Hanifah. Beliau wafat tahun 340 H.
·         Al-Aqtha’/ الاقطع

Istilah ini masyhur dinisbahkan pada Imam Abu Nashar Ahmad bin Muhammad bin Muhammad. Beliau belajar fiqh pada imam Al-Qaduri. Beliau dinamakan “Al-Aqtha’ “ lantaran tangan beliau terpotong waktu perang melawan Tatar. Beliau wafat tahun 474 H.

·         Al-Jashash / الجصاص

Gelar ini masyhur dikalangan ulama, dinisbahkan pada imam Ahmad bin Ali, Abu Bakar Ar-Razi. Beliau merupakan imam yang sangat terkenal dimana pada masanya, sangat banyak pelajar yang belajar padanya. Lahir pada tahun 305 H. Menetap di Baghdad. Al-Khatib pernah berkata: “Beliau (Imam Al-Jashash) merupakan Imam/Pemimpin Mazhab Abu Hanifah pada masanya”. Beliau belajar pada Imam Abu Sahal Az-Zujaj, Abu Hasan Al-Karkhi dan lain-lain. Diantara murid beliau adalah Abu Bakar Al-Khawarizmi, Al-Qaduri dan lain-lain. Diantara karangan beliau yang terkenal adalah kitab Ahkam Al-Qur’an,  Al-Mufid fi Ushul Al-Fiqh dan lain-lain. Wafat tahun 370 H.

·         Burhan Al-Aimmah / برهان الائمة

Istilah ini terkadang dimaksudkan pada Imam Abdul Aziz bin Umar bin Mazah, Abu Muhammad. Terkadang, pada beliau juga diberikan gelar lain yaitu Ash-Shadr Al-Kabir atau Ash-Shadr Al-Madhi. Beliau merupakan ayah dari Ash-Shadr As-Syahid, Umar bin Abdul Aziz bin Umar Bin Mazah.

·         Burhan Al-Islam / برهان الاسلام

Beliau adalah Radhiy Ad-Dien As-Sarkhasi, Muhammad bin Muhammad. Diantara karangan beliau adalah Al-Muhith. Salah seorang ulama mazhab hanafi pada zamannya.

·         Al-Khashaf / الخصاف

Ini adalah gelar bagi Imam Abu Bakar Ahmad bin Amr (menurut pendapat lain: Amr bin Mahir atau Mahran Asy-Syaibani), pengarang kitab Asy-Syuruth dan Al-Hiyal. Belajar dari ayahnya, Abu Daud Ath-Thayalisi, Al-Qa’nabi dan lain-lain. Beliau salah satu tokoh besar dalam Mazhab Hanafi. Wafat di Baghdad tahun 261 H.

·         Al-Khalaf /الخلف

Al-Khalaf adalah generasi penganut dan pengembang mazhab hanafi setelah era Imam Muhammad bin Hasan Asy-Syaibani sampai ke masa Imam Syams Al-Aimmah Al-Hilwani.

Imam Syams Al-Aimmah Al-Hilwani sendiri bernama Abdul Aziz bin Ahmad bin Nashar bin Shalih Al-Hilwani. Beliau digelari dengan Syams Al-Aimmah (Matahari para Imam). Berasal dari Bukhara dan menjadi rujukan utama dalam mazhab Hanafi di negerinya. Beliau belajar dari Qadhi Abu Ali An-Nasafi. Diantara karangan beliau adalah  Al-Mabsuth. Wafat tahun 449 H.

·         As-Salaf / السلف

Istilah As-Salaf dalam fiqh Hanafi merujuk kepada masa Generasi Sahabat , Tabi’in dan Atba’ Tabi’in (dimana nanti dalam fiqh hanafi dikenal dengan Ash-Shadr Al-Awal) sampai ke masa Imam Muhammad bin Hasan Asy-Syaibani[2].

·         Syams Al-Aimmah / شمس الائمة

Ada banyak ulama mazhab hanafi yang bergelar Syams Al-Aimmah ini sehingga dikatakan bahwa gelar ini adalah untuk jama’ah dari mereka, diantaranya: Imam As-Sarkhasi, Imam Al-Hilwani, Imam Al-Auzjundi, Imam Al-Kurdi. Namun yang paling banyak adalah merujuk pada Imam Sarkhasi.

Imam Sarkhasi, beliau bernama Abu Bakar Muhammad bin Ahmad bin Abu Sahal As-Sarkhasi. Beliau termasuk tokoh besar dalam mazhab Hanafi. Beliau mempunyai banyak karangan, diantaranya kitab yang mayshur Al-Mabsuth dan lain-lain. Diantara murid beliau adalah Imam Abu Bakar Al-Hushairi, Al-Baykandi, Imam Abu Hafsh Umar bin Habib (Kakek dari pengarang kitab Al-Hidayah). Wafat tahun 490 H.

Imam Al-Auzjundi, beliau bernama Abu Al-Mahasin Hasan bin Manshur bin Mahmud Al-Bukhari Al-Hanafi Al-Auzjundi, dikenal sebagai Qadhi Khan. Belajar dari Imam Zhahir Ad-Din Hasan bin Ali bin Abdul Aziz dan juga dari Imam Ibrahim bin Utsman Ash-Shafari. Diantara yang meriwayatkan hadits dari beliau adalah Imam Jamal Ad-Din Al-Hushairi. Wafat Tahun 592 H.

Imam Al-Kurdi, beliau bernama Muhammad bin Abd As-Satar bin Muhammad Al-Imadi Al-Kurdi Al-Hanafi. Lahir tahun 559 H. Belajar di Khawarizm pada Burhan ad-Din Al-Matharazi, belajar fiqh di Samarkand pada Syaikh Al-Islam Al-Marghainani. Salah seorang tokoh yang menghidupkan ushul fiqh metode fuqaha’ (hanafi) setelah masa Imam Abu Zaid Ad-Dabusi. Wafat di Bukhara tahun 642 H.

·         Syaikh Al-Islam / شيخ الاسلام

Gelar ini juga termasuk gelar yang banyak dipakaikan kepada banyak ulama, namun biasanya yang dimaksud adalah Imam Ali bin Muhammad bin Ismail bin Ali bin Ahmad As-Samarkandi. Mufti Samarkand. Lahir tahun 454 H. Salah seorang tokoh besar mazhab Hanafi di Negerinya. Wafat di Samarkand tahun 535 H.

·         Syaikhan / الشيخان

Yang dimaksud adalah Imam Abu Hanifah dan Imam Abu Yusuf.

·         Shahiban / الصاحبان

Yang dimaksud adalah Imam Abu Yusuf dan Imam Muhammad bin Hasan Asy-Syaibani

·         Ash-Shadr Al-Awwal / الصدر الاول

Yang dimaksud adalah generasi emas 3 kurun pertama, yakni Sahabat, Tabi’in dan Atba’ Tabi’in.

·         Shadr Asy-Syari’ah / صدر الشريعة

Yang dimaksud adalah Imam Ubaidillah bin Mas’ud bin Taj asy-Syari’ah. Kadang digelari juga dengan Taj Asy-Syari’ah Al-Ashgar atau Taj Asy-Syari’ah Ats-Tsani. Wafat tahun 750 H.

·         Shadr Asy-Syari’ah Al-Akbar atau Shadr Asy-Syari’ah Al-Awwal / صدر الشريعة الاكبر او الاول

Yang dimaksud adalah Imam Ahmad bin Ubaidillah Al-Mahbubi, Ayah dari Taj Asy-Syari’ah (Mahmud Al-Hanafi). Beliau pengarang kitab mayshur Talqih al-‘Uqul fi furuq Al-Manqul.

·         Ath-Thahawi / الطحاوي

Yang dimaksud adalah Imam Abu Ja’far Ahmad bin Muhammad bin Salamah binSalmah bin Abdul Mulk Al-Azdi Al-Mishri Ath-Thahawi Al-Hanafi. Muhaddits dan Faqih negeri Mesir. Lahir tahun 239 H di Negeri Thaha (salah satu desa di Mesir). Belajar hadits dari Abdul Ghani bin Rifa’ah, Harun Al-Ayli. Belajar fiqh dari Imam Al-Muzani dan lain-lain. Beliau salah satu ulama besar Mazhab Hanafi di Mesir.  Karangan beliau sangat masyhur, diantaranya kitab Al-Aqidah Ath-Thahawiyah. Wafat tahun 321 H.

·         Ath-Tharfan / الطرفان

Yang dimaksud adalah Imam Abu Hanifah dan Imam Muhammad bin Hasan Asy-Syaibani.

Daftar Pustaka
1    .      Adz-Dzahabi, Muhammad bin Ahmad. 1413 H. Siyar A’lam An-Nubala’. Beirut :  Muassasah Risalah.
2    .      Al-Qurasy, Abdul Qadir bin Abi Al-Wafa’. Thabaqat Al-Hanafiyah.
3    .      Ibn Nujaim, Zainuddin.  Al-Bahr Ar-Ra’iq. Beirut : Dar Ma’rifah.
4    .      Amin, Muhammad. Hasyiah Ibn ‘Abidin. Beirut : Dar Fikr.



[1] Secara umum, makna Laqab  adalah sesuatu istilah dimana manusia dipanggil dengannya. Laqab dengan makna ini mengandung Nama, Kunyah dan Gelar. Namun, dalam pemakaian sehari-hari, Laqab lebih masyhur dipakaikan pada sebuah gelar, baik gelar baik ataupun jelek. Selain 3 hal ini (Nama, Laqab, Kunyah), ada juga nisbah/nasab yang biasanya akan merujuk kepada hal-hal tertentu seperti negeri asal, suku, tempat belajar, mazhab yang dianut dan lain-lain.

[2] Secara umum, ada 3 istilah generasi dalam fiqh hanafi. Pertama, As-Salaf yakni generasi Ash-Shadr Al-Awal sampai ke era Muhammad bin Hasan Asy-Syaibani. Kedua, Al-Khalaf yakni generasi setelah Imam Muhammad bin Hasan Asy-Syaibani sampai ke masa Imam Syams Al-Aimmah Al-Hilwani. Ketiga, Al-Muta’akhirun yakni generasi setelah Imam Syams’ Al-Aimmah Al-Hilwani sampai ke generasi Imam Hafizh Ad-Din Al-Bukhari.

Imam Hafizh Ad-Din Al-Bukhari bernama asli Abu Fadhl, Muhammad bin Muhammad bin Nashar. Lahir tahun 615 H di Bukhara. Belajar fiqh pada Imam Syams Al-Aimmah Muhammad bin Abd As-Satar Al-Kurdi. Belajar hadits kepada  Imam Syams Al-Aimmah Muhammad bin Abd As-Satar Al-Kurdi dan dari Imam Abu Fadhl Al-Mahbubi. Beliau merupakan imam yang sangat alim dalam setiap ilmu dan zuhud dalam hidupnya. Wafat di Bukhara tahun 693 H.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images