Kitab Nihayatu Al-Mathlab Imam Haramaini Juwaini

11:09 AM


Mengenal kitab “Nihayatu Al-Mathlab” Imam Haramaini Juwaini

Menurut mayoritas pakar, aktifitas penulisan kitab fiqh mazhab Syafi’i dimulai oleh Imam Muzani lewat kitab Al-Mukhtashar (Mukhtashar Muzani). Walau masing-masing murid Imam Syafi’i sempat menulis kitab yang merupakan hasil interaksi dan koresponden mereka langsung dengan Imam, Kitab Mukhtashar Muzani lebih terlihat implikasinya dalam menelurkan begitu banyak kitab-kitab fiqh mazhab Syafi’i di era setelahnya.

Dari sekian banyak kitab fiqh Syafi’i yang berbasis kepada kitab Mukhtashar Muzani, ada 3 buah kitab yang sangat memberikan efek luar biasa pada perkembangan kitab Fiqh mazhab Syafi’i. Ketiganya adalah Kitab Al-Hawi Al-Kabir karangan Imam Mawardi, Syarah dan Ta’liq oleh Abu Thayyib Ath-Thabari  dan Nihayatu Al-Mathlab karangan Imam Haramaini Juwaini. Al-Hawi Al-Kabir menjadi salah satu rujukan dalam kitab komparasi Mazhab, karena selain memuat begitu banyak pendapat dalam mazhab Syafi’i, Imam Mawardi juga menuliskan pendapat mazhab lain lalu menunjukkan kelebihan pendapat mazhab Syafi’i dalam masalah yang dibahas. Ta’liq Abu Thayyib Ath-Thabari sendiri menjadi basis kitab Al-Muhazzab Imam Syirazi yang kemudian di syarah oleh Imam Nawawi dalam Majmuk-nya. Kitab Muhazzab sendiri kemudian dikenal sebagai salah satu dari lima kitab yang paling masyhur dalam mazhab Syafi’i.

Nihayatu Al-Mathlab sendiri bisa dianggap sebagai kitab inti kedua dalam mazhab syafi’i selain Mukhtashar Muzani yang jadi induk bagi kitab-kitab fiqh syafi’i. Nihayatu Al-Mathlab Imam Juwaini adalah basis bagi kitab-kitab fiqh Imam Ghazali (Al-Basith, Al-Wasith, Al-Wajiz) yang menelurkan kitab-kitab Imam Rafi’i dan Imam Nawawi serta kitab-kitab fiqh Syafi’i setelahnya. Sebagian fuqaha’ bahkan sampai berkata “Semenjak Imam Haramaini Juwaini menulis kitabnya Nihayatu Al-Mathlab, para Fuqaha’ hanya sibuk meneliti dan beraktifitas ilmiah terhadap kitab tersebut”. Kitab ini digelari sebagai tali perantara mazhab Syafi’i, lantaran begitu banyak kitab-kitab fiqh setelahnya terpengaruh bahkan menjadikan kitab ini basis dalam penulisan kitab fiqh selanjutnya. Kitab ini adalah penghubung antara kitab fiqh generasi setelahnya dengan pendapat Imam Syafi’i dan murid-muridnya (yang meriwayatkan pendapat Imam Syafi’i).

Kitab Nihayatu Al-Mathlab menurut para ulama tidak hanya mengambil dari Mukhtashar Muzani, namun juga dari kitab-kitab murid Imam Syafi’i sendiri seperti Imam Buwaithi, Rabi’i Al-Muradi bahkan tak jarang langsung mengambil ke kitab-kitab Imam Syafi’i sendiri seperti Al-Umm dan Al-Imla’. Walau begitu, dalam metodologi penulisan, Imam Juwaini menjadikan kitab Mukhtashar Muzani sebagai landasannya. Beliau menyusun bab-bab kitab tersebut sesuai susunan Imam Muzani dalam Mukhtasharnya.

Salah satu peran penting kitab Ini dalam mazhab Syafi’i adalah Imam Juwaini berusaha untuk memilah dan mengelompokkan mana saja yang pendapat Imam Syafi’i, pendapat para Ashabul wujuh serta pendapat para mujtahid muntasib lainnya. Bisa dibilang, beliaulah Fuqaha’ pertama yang menjadi pentarjih dan pentahrir masalah-masalah serta pendapat-pendapat dalam internal Mazhab Syafi’i. Beliau –dalam kitab ini- menjelaskan mana pendapat Imam Syafi’i yang kuat dan lemah, mana pendapat Ashab yang sahih dan dlai’f, serta mana saja pendapat yang dianggap kuat dalam mazhab Syafi’i dan mana yang lemah. Jika ada pendapat fuqaha’ dalam mazhab Syafi’i yang dianggap tidak sesuai dengan kaedah yang telah ditetapkan oleh Imam Syafi’i, beliau akan memberikan catatan khusus terhadapnya. Biasanya beliau akan berikan komentar berupa “pendapat ini menyalahi mazhab”, lalu kemudian beliau jelaskan pendapat yang sesuai dengan kaedah dan ushul dalam Mazhab Syafi’i.

Selain usaha beliau diatas, beliau juga dikenal melakukan tajdid dalam mazhab syafi’i lewat kitab ini. Tajdid beliau tersebut berupa ijtihad-ijtihad pribadi yang terkadang menyelisihi pendapat mazhab.  Selain itu, beliau juga menetapkan beberapa kaedah yang beliau tuliskan jika tidak ditemukan pendapat yang disepakati oleh mazhab dalam suatu masalah dimana kaedah tersebut dapat mengantarkan fuqaha’ untuk menentukan sendiri hukum yang tepat sesuai koridor mazhab syafi’i.

Diantara keutamaan kitab ini :
·         Pendapat beliau selalu disandarkan pada pembacaan yang utuh dan menyeluruh terhadap Ruh Syari’ah (via Nash Syar’i) serta Maqashid Syari’ah
·         Ketelitian beliau dalam menukil pendapat-pendapat Fuqaha’ Mazhab Syafi’i serta menelitinya dengan seksama. Beliau sendiri memang sangat terkenal teliti dalam melakukan cek dan ricek sebuah pendapat.
·         Meletakkan beberapa kaedah dan parameter yang bisa dijadikan landasan dalam menetapkan hukum baru.
·         Beliau menggunakan sistematika penulisan Imam Muzani dalam Mukhtashar-nya.
·         Dalam beberapa pendapat, beliau sangat berpegang pada pendapat salafus saleh (dimana menurut beliau pendapat Imam Syafi’i adalah pendapat yang paling tengah-tengah). Walau begitu, beliau juga insyaf dan berani menyebutkan pendapat lain yang lebih kuat  dari pendapat mazhab Syafi’i.
·         Pembacaan terhadap fakta menjadi salah satu piranti pokok beliau dalam menetapkan dan memilih sebuah pendapat/hukum.
·         Mendahulukan Khabar dan Hadits ketimbang Qiyas dalam penyebutan dalil.

Mengenal Imam Haramaini Juwaini

Nama asli beliau adalah Abdul Malik, sedangkan ‘alam kunyah (nama dengan tambahan abu) beliau adalah “Abul Ma’ali”, dan ‘alam laqob (nama julukan/gelar) beliau adalah “Imamul Haramaini” yang artinya Imam 2 tanah harom, maksudnya tanah harom Mekah dan tanah harom Madinah, selain itu beliau juga diberi gelar “Dhiya’uddin” (Cahaya Agama) dan juga “Fakhrul Islam” (kebanggaan Islam). Beliau diberi gelar “Imamul Haramaini” karena beliau sempat bermukim di kota Mekah selama 4 tahun, begitu juga beliau pernah bermukim di kota Madinah selama 4 tahun, dikedua tempat tersebut beliau mengajar dan berfatwa.

Sedangkan nasab beliau adalah Abdul Malik bin Abdulloh bin Yusuf bin Muhammad bin Hayyuyah Al-Juwaini As-Sanbasi, At-Tho’I An-Naisaburi Asy-Syafi’i. Juwain adalah salah satu daerah dikawasan Naisabur, sedangkang Sanbas adalah salah satu kabilah/suku yang terkenal di daerah Thoyy.

Mayoritas ahli sejarah berpendapat bahwa imam Haramaini dilahirkan pada tanggal 18 muharrom tahun 419 H. di Naisabur, salah satu kota bagian Khurosan, yang kini termasuk wilayah Negara Iran. Naisabur adalah satu kota yang saat itu menjadi salah satu pusat kebudayaan di Khurosan.

Beliau dibesarkan ditengah – tengah keluarga yang shaleh dan bertakwa. Ayah beliau, Abdulloh bin Yusuf Abu Muhammad Al-Juwaini  adalah seorang ulama’ yang terkenal dalam bidang ilmu tafsir, fiqih, bahasa arab dan sastra, dan mengajar ilmu fiqih disalah satu madrasah yang ada dikota Naisabur. Sedangkan ibu beliau adalah seorang budak wanita yang shalehah yang dibeli oleh ayahnya dengan uang yang tak tercampur sedikitpun dengan harta syubhat, ayah Imam Haramaini juga hanya memberikan nafkah dari harta yang murni halal kepada ibunya sampai ibunya mengandung beliau. Ayah beliau memang memegang kuat prinsip untuk tidak memberikan makanan bagi keluarga dan anknya kecuali dengan harta yang halal, dengan keyakinan yang teguh bahwa harta yang tidak halal akan merusak agama dan dunia, dan member pengaruh buruk pada orang yang memakannya. 
  
Tempat pertama bagi beliau untuk belajar adalah rumahnya sendiri, dibawah bimbingan ayahnya beliau menghafalkan al-qur’an dan juga belajar ilmu tafsir, hadits, fiqih, ushul dan sastra, beliau juga mempelajari semua kitab – kitab karya ayahnya dengan dibawah bimbingan ayahnya langsung.

Selain itu beliau juga belajar hadits kepada beberapa guru, seperti Syaikh Abu Manshur dan lainnya. Di masa mudanya beliau tak mau hanya mengikuti pendapat – pendapat ayah beliau dan teman – temannya sebelum masalah itu benar benar dikaji secara mendalam, beliau mengkaji setiap masalah secara sungguh – sungguh dengan memperhatikan pendapat – pendapat dalam madzhab Imam Syafi’I dan juga dari madzhab lainnya saat berdiskusi, hal tersebut yang membuat beliau sangat menonjol diantara teman – teman diskusinya, sehingga pada saat usia beliau belum menginjak umur 20 tahun beliau sudah dijadikan ketua dalam diskusi yang diadakan dimajlis ayahnya.

Namun itu semua tak membuat minat belajar beliau berkurang, pada pagi buta beliau sudah pergi ke masjid ustadz Abu Abdulloh Al-Khobazi, beliau membaca al-qur’an dan mempelajari beberapa ilmu pada gurunya tersebut, setelah selesai beliau kembali ke madrasah ayahnya dan mengajar disana, setelah selesai mengajar beliau pergi ke madrasah Al-Baihaqi, disana beliau belajar ilmu kalam (ilmu tauhid/ushuluddin) pada Al-Ustadz Abul Qosim Al-isfaroyini. Begitulah keseharian beliau, menuntut ilmu mulai dari kecil sampai dimasa tua, bahkan saat sudah menjadi guru di madrasah.

Imam Haramaini mempelajari berbagai cabang ilmu dari beberapa guru dan para masyayikh yang hidup dimasa itu. Guru – guru utama beliau adalah sebagai berikut :

1. Ayah beliau sendiri, Syaikh Abu Muhammad, Abdulloh bin Yusuf Al-Juwaini, seorang ulama’ ahli dalam bidang ilmu fiqih, ushul dan tafsir. Diantara kitab – kitab karyanya yang terpenting adalah; Syarah kitab Ar-risalah karya Imam Syafi’I, Tafsir Al-Kabir, At-tabshiroh Wat-Tadzkiroh, Al-Furuq, as-Silsilah, Mauqiful Imam Wal Ma’mum dan Mukhtashorul Muhtashor. Syaikh Abdulloh al-Juwaini wafat pada tahun 438 H.

2. Syaikh Abul Qosim Al-Isfaroyini Al-Iskaf, Abdul Jabbar bin Ali bin Muhammad bin Haskan, ulama’ ahli ilmu fiqih, ushul dan ilmu kalam, beliau belajar pada Syaikh Abu Ishaq Al-isfaroyini dan Syaikh Abdulloh bin Yusuf Al-Ashfihani, beliau wafat pada tahun 452 H. Syaikh Abul Qosim Al-Isfaroyini merupakan guru utama Imam Haramaini dalam ilmu kalam,

3. Syaikh Abu Abdulloh Al-Khobbazi, Muhammad bin Ali bin Muhammad bin Hasan, seorang ulama’ utama yang ahli dalam ilmu qiro’ah (bacaan) al-qur’an di kota Naisabur, beliau dilahirkan pada tahun 372 H. dan wafat pada tahun 449 H. Imam Haramaini belajar al-qur’an pada beliau diwaktu pagi hari sebelum mengajar.

4. Al-Imam Az-Zahid Asy-Syaikh Fadhlulloh bin Ahmad bin Muhammad Al-Maihani, beliau wafat pada tahun 440 H.

5. Al-Qodhi Asy-Syaikh Abu Ali, Husain bin Muhammad bin Ahmad Al-Marudzi, ulama’ yang menjadi guru utama dalam fiqih madzhab Imam Syafi’i. Dalam kitab – kitab fiqih madzhab syafi’I nama beliau bisa disebut dengan “Qodhi Husain”, beliau mendapat julukan “Habrul Ummat” (Ahli/pakarnya umat islam), diantara kitab karya beliau adalah ‘At-Ta’liqoh Al-Kubro’ dan ‘Al-Fatawi’. Beliau wafat pada tahun 462 H.

6. Al-hafidh Abu Na’im Al-Ashfihani, Ahmad bin Abdulloh bin Ahmad bin Ishaq, penulis kitab yang terkenal; “Hilyatul Ulama’. Salah seorang pembesar ulama’ – ulama’ ahli hadits, beliau wafat pada tahun 430 H.

7. Abul Qosim Al-Furoni Al-Maruzi Asy-Syafi’i, Abdurrohman bin Muhammad bin Ahmad bin Furon, ulama’ ahli ilmu fiqih madzhab syafi’I yang menjadi pemimpin ulama’ – ulama’ ahli fiqih didaerah Marwa, beliau banyak menulis kitab tentang ushul, fiqih dan khilaf ulama’, diantara karya beliau adalah kitab “Al-ibanah”, beliau wafat pada tahun 463 H.

8. Imam Baihaqi, Abu Bakar, Ahmad bin Al-Husain Al-Baihaqi An-Naisaburi, salah seorang ulama’ pembesar ilmu hadits dan fiqih madzhab syafi’i. Setelah belajar pada beliau, Imam Haramaini juga ikut mengajar dimadrasah Imam Baihaqi> Imam Haramaini sangat mengagumi gurunya ini, sampai – sampai beliau mengatakan; “Semua orang yang mengikuti madzhab syafi’I memiliki hutang budi kepada Imam Syafi’I, kecuali Imam Baihaqi, sebaliknya Imam Syafi’I mempunyai hutang budi pada beliau karena kitab – kitab karya beliau yang ditulis untuk membela pendapat –pendapat Imam Syafi’I dan madzhabnya”. Diantara kitab karya beliau adalah “As-Sunan Al-Kubro”, “Ma’rifatus Sunan Wal Atsar” dan Al-Mabsuth”. Beliau wafat pada tahun 458 H.


Imam Haramaini banyak menelurkan ulama’ – ulama’ yang sangat terkenal di zamannya, Syaikh Ibnul Jauzi bercerita; “setiap hari tak kurang dari 300 orang yang menghadiri majlis beliau untuk belajar, dan banyak dari mereka yang menjadi ulama’ – ulama’ besar, bahkan sebagian dari mereka sudah mengajar disaat beliau masih hidup”.

Diantara murid – murid beliau yang terkenal adalah :

1. Imam Ghozali, Syaikh Abu Hamid, Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Ahmad At-Thusi Al-Ghozali, penulis kitab – kitab terkenal seperti “Ihya’ ulumiddin”, “Al-Mankhul”, “Al-Mustashfa” dan lainnya, beliau wafat pada tahun 505 H.

2. Imam Ilkiya Al-Harrosi, Syaikh Abul Hasan Ali bin Muhammad bin Ali Ath-thobari, seorang ahli fiqih madzhab syafi’i, ushul dan hadits yang mendapat gelar “Imaduddin” (Tiang agama). Diantara kitab karya utama beliau adalah ‘Syifa’ul Mustarsyidin” dan “Ahkamul Qur’an”. Beliau wafat pada tahun 504 H.

3. Syaikh Ahmad bin Muhammad bin Al-Mudhoffar An-Naisaburi, ulama’ ahli fiqih madzhab syafi’i yang menjadi salah satu murid andalan Imam Haramaini, beliau wafat pada tahun 500 H.

4. Al-Ustadz Abu Nashr, Abdurrohim bin Abdul Karim bin Hawazin, putra dari Imam Abul Qosim Al-Qusyairi, penggemar kitab tafsir, fiqih dan ilmu kalam, diantara kitab karya beliau adalah “Al-Maqomat” dan “Al-Adab”, beliau wafat pada tahun 154 H.

Kitab – Kitab karya Imam Haramaini

Beliau meninggalkan banyak kitab karangan yang sangat bermanfaat dan terkenal. Berikut ini diantara karya – karya beliau;

1. Nihayatul Mathlab Fi Diroyatil Madzhab

2. Ghiyatsul umam Fit-Tiyatsidh Dhulam

3. Al-Aqidah An-Nidhomiyah

4. Asy-Syamil Fi Ushuliddin

5. Mughitsul Kholqi Fi atba’il Haqqi

6. Madarikul Uqul

7. Al-Burhan Fi Ushulil Fiqhi

8. Al-Irsyad Fi ushulil Fiqhi

9. At-Talkhish Fi Ushulil fiqhi

10. Al-Waroqot Fi Ushulil Fiqhi


Imam Haramaini wafat didesa Busytaniqon, pada malam rabu setelah sholat isya’, tanggal 25 bulan Robi’ul Akhir tahun 478 H. dalam usia 59 tahun

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images