Hukum Mengucapkan Selamat Datang Ramadhan

4:17 PM


Soal : Apa hukum mengucapkan selamat (tahni’ah) atas datangnya bulan Ramadhan seperti ucapan “Selamat Datang Bulan Ramadhan” atau ”Ramadhan Karim” atau “Marhaban Yaa Ramadhan” dan semisalnya ?

Jawab : Kalau kita lihat kepada kemuliaan yang dimiliki oleh bulan Ramadhan, besarnya rahmat Allah serta berbagai macam keutamaan yang Allah berikan bagi hambanya pada bulan ini, dimana hal inilah yang kemudian jadi motivasi seseorang untuk mengucapkan selamat datang bulan Ramadhan kepada sesama mereka, maka ucapan ini termasuk ucapan yang disukai dan disunnahkan oleh Syara’.

Allah berfirman :

قُلۡ بِفَضۡلِ ٱللَّهِ وَبِرَحۡمَتِهِۦ فَبِذَٲلِكَ فَلۡيَفۡرَحُواْ هُوَ خَيۡرٌ۬ مِّمَّا يَجۡمَعُونَ

Katakanlah: "Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan". (Q.S.Yunus : 58)

Ucapan selamat sendiri merupakan salah satu bentuk ucapan yang menyiratkan kegembiraan atas nikmat yang diperoleh dimana Al-Qur’an sendiri menjelaskan bahwa kaum Mukmin bergembira dan mengucapkan selamat atas nikmat yang mereka peroleh.

Allah berfirman :

كُلُواْ وَٱشۡرَبُواْ هَنِيٓـَٔۢا بِمَا كُنتُمۡ تَعۡمَلُونَ

 [Dikatakan kepada mereka]: "Makan dan minumlah dengan enak sebagai balasan dari apa yang telah kamu kerjakan", (Q.S. Ath-Thur : 19)

Nabi Muhammad sendiri mengucapkan tahni’ah kepada para sahabatnya atas datangnya bulan Ramadhan ini.

 عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : كان رسول الله صلى الله عليه وسلم ، يقول لأصحابه : " قد جاءكم شهر رمضان شهر مبارك

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Ra, ia berkata “ Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallamberkata pada sahabat-sahabatnya : Sungguh telah datang kepadamu Bulan Ramadhan, Bulan yang penuh Berkah “ (HR. An-Nasa’i dan Ahmad)

Para ulama Islam sendiri banyak yang menganggap baik pengucapan tahni’ah atas nikmat Iman yang diperoleh. Imam Al-Hafizh Al-Iraqi Asy-Syafi’i berkata “Disunnahkan untuk menyegerakan mengucapkan tahni’ah dan turut bergembira atas diperolehnya nikmat yang nyata bagi seseorang atau atas tertolaknya seseorang dari bala’ dan musibah”.

Imam Ibn Hajar Al-Haytami berkata “Sesungguhnya ucapan tahni’ah itu Dibolehkan oleh Syara’, secara umum  disunnahkan bagi seseorang untuk mengumumkan tahni’ah atas nikmat yang  diperoleh atau atas terlepasnya dari bala’ dengan melakukan sujud syukur, serta mengunjunginya. Diriwayatkan dalam Shohihain dari Ka’ab bin Malik Ra tentang kisah taubatnya tatkala ia absen dari perang tabuk, waktu itu Ka’ab bin Malik Ra dengan segera mengumumkan kegembiraannya atas diterima taubatnya. Thalhah bin Ubaidillah pun berdiri menyambut Ka’ab lalu mengucapkan selamat padanya.

Imam Syihabuddin Al-Qalyubi menukilkan dari Ibn Hajar bahwa “sunnah hukumnya mengucapkan selamat atau tahni’ah atas datangnya hari raya, serta bulan-bulan dan tahun-tahun tertentu”. Imam Al-Bajuri berkata “Inilah pendapat yang dipegang dalam mazhab Syafi’i”. Abu Abdillah Ibn Muflah Al-Maqdisi Al-Hanbali berkata “Disunnahkan mengucapkan selamat atas nikmat agama yang diperoleh, dengan landasan kisah Ka’ab bin Malik (diatas). Dan di dalam shohihain diriwayatkan bahwa ketika turun firman Allah ta’ala :

إِنَّا فَتَحۡنَا لَكَ فَتۡحً۬ا مُّبِينً۬ا

Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata ( Q.S Al-Fath : 1), Para sahabat nabi spontan berkata “Sungguh ini sebenar-benar Nikmat”.

Dan disunnahkan pula membalas ucapan selamat tersebut dengan semisalnya atau dengan ucapan yang lebih baik. Allah berfirman :

وَإِذَا حُيِّيتُم بِتَحِيَّةٍ۬ فَحَيُّواْ بِأَحۡسَنَ مِنۡہَآ أَوۡ رُدُّوهَآ‌ۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلَىٰ كُلِّ شَىۡءٍ حَسِيبًا

 “Apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan [7], maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah [dengan yang serupa]. Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu (Q.S.An-Nisa’ : 86).

Wallahu A’lam bish Shawab

Disadur dan diterjemahkan dari “Kitab Ash-Shiyam” terbitan Darul Ifta’ Al-Mishriyyah, 1934 H

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images