Istilah Fuqaha dalam Fiqh Maliki

1:00 AM

Dalam tulisan yang berlalu, kita sudah membahas secara singkat tentang istilah gelar-gelar fuqaha’ mazhab Syafi’i (klik disini) dan Hanafi (disini). Kesempatan kali ini, kita akan mencoba membahas secara singkat istilah gelar-gelar fuqaha’ mazhab Maliki. Sekedar catatan singkat, jika ditemukan Istilah Maghrib dalam tulisan, maka yang dimaksud bukanlah negara Maroko sekarang namun daerah Maghrib dahulu yang wilayahnya sekarang meliputi Libya, Aljazair, Maroko, Mauritania dan negara belahan Afrika utara mengarah ke Spanyol, serta daerah Andalus/Spanyol sekarang.

      1.     الائمة / Al-Aimmah

Jika ditemukan istilah Al-Aimmah dalam kitab fiqh mazhab Maliki, maka yang dimaksud adalah Ibn Muhzar, Qadhi Iyadh dari golongan Muta’akhkhirin dan Ibn Abi Salamah dari golongan Mutaqaddimin.

ابن محرز / Ibn Muhraz

Nama lengkap beliau adalah Abu Qasim, Ibn Muhzar Al-Muqri Al-Qairawani. Belajar fiqh pada Abu Bakar Abdurrahman, Abu Imran dan Abu Hafs. Beliau dikenal sebagai salah seorang pakar Fiqh yang memiliki penalaran yang kuat dalam setiap masalah yang ia temui. Diantara karya beliau adalah kitab At-Tabshirah. Wafat tahun 450 H.

القاضي عياض / Qadhi Iyadh

Nama lengkap beliau adalah Abu Fadl, Iyadh bin Musa bin Iyadh Al-Andalusi Al-Maliki. Lahir pada tahun 476 H. Beliau dikenal sebagai salah satu ulama besar di dalam Islam. Nama beliau banyak tercantum dalam karya-karya para ulama. Belajar pada Abu Ali Al-Ghassani dan Abu Muhammad bin Itab. Beliau pernah menjabat sebagai Hakim di daerah Sibtah (sekarang daerah Ceuta, Spanyol). Wafat tahun 544 H.

ابن ابي سلمة / Ibn Abi Salamah
Nama lengkap beliau adalah Abdul Aziz, Ibn Abi Salamah bin Dinar bin Abu Tamam bin Abi Hazim Al-Madani. Beliau meriwayatkan hadits dari banyak ulama, diantaranya Ayah beliau sendiri, Katsir bin Zaid bin Aslam dan lain-lain. Dikenal sebagai salah satu Faqih dan Imam besar di Madinah. Imam Ahmad pernah berkata “Sepeninggal Imam Malik, tiada yang lebih faqih di daerah Madinah selain beliau (Ibn Abi Salamah)”. Beliau wafat tahun 184 H dalam kondisi sujud.

      2.     الاخوان / Al-Akhwan

Jika ditemukan istilah Al-Akhwan dalam kitab fiqh Maliki, maka yang dimaksud adalah Imam Mutharrif dan Ibn Al-Majisyun. Diantara sebab mereka berdua digelari dengan Al-Akhwan (yang berarti dua bersaudara) adalah lantaran banyak kesesuaian diantara mereka dalam masalah hukum yang mereka tetapkan dan sepakati.

مطرف / Mutharrif

Nama lengkap beliau adalah Mutharrif bin Abdillah bin Sulaiman bin Yasar. Lahir tahun 139 H. Menjadi Ashab/orang terdekat Imam Malik selama 20 tahun (karena beliau adalah anak dari saudari perempuan Imam Malik). Salah satu periwayat hadits dan pakar fiqh di zamannya. Wafat di Madinah tahun 220 H.

ابن الماجشون / Ibn Al-Majisyun

Nama lengkap beliau adalah Abdul Malik bin Abdul Aziz bin Abdullah bin Abi Salamah Al-Majisyun. Beliau merupakan mufti Madinah pada zamannya. Banyak meriwayatkan hadits dari Imam Malik dan dari ayahnya sendiri (yakni Ibn Abi Salamah). Wafat tahun 212 H (atau menurut versi lain tahun 214 H).

      3.     الاستاذ / Al-Ustadz

Jika ditemukan istilah Al-Ustadz dalam kitab fiqh Maliki maka yang dimaksud adalah Syaikh Abu Bakar Al-Thurthusyi. Nama lengkap beliau adalah Muhammad bin Walid bin Muhammad bin Khalaf bin Sulaiman bin Ayub al-Fihri. Lahir dan besar di Andalus (Spanyol sekarang). Belajar pada Qadhi Abu Walid Al-Baji dan Abu Bakar. Diantara karya beliau adalah kitab Al-Bida’ dan Siraj Al-Muluk. Wafat tahun 520 H.

      4.     الامام / Al-Imam

Jika ditemukan istilah Al-Imam dalam kitab fiqh Maliki yang dimaksud adalah Imam Al-Maziri. Ibn Farahun berkata “Beliau (Al-Maziri) lah yang dikenal dengan gelar Al-Imam”. Ada sebuah hikayat bahwa Al-Maziri pernah bermimpi bertemu Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Di dalam mimpi tersebut, Al-Maziri mengadu ke Rasulullah “Ya Rasulallah, apakah aku berhak memegang gelar yang mereka sematkan padaku ? mereka panggil aku dengan sebutan Al-Imam”. Rasulullah lalu berkata “Semoga Allah melapangkan dadamu hingga kamu mampu dalam berfatwa”.

المازري / Al-Maziri

Nama lengkap beliau adalah Abu Abdillah, Muhammad bin Ali bin Umar bin Muhammad At-Tamimi Al-Maziri Al-Maliki. Belajar pada Imam Al-Lakhmi, Abu Muhammad As-Susi dan lain-lain. Diantara murid beliau adalah Qadhi Iyadh, Abu Ja’far Al-Qurthubi dan lain-lain. Diantara karya beliau adalah kitab Al-Muallim bi Fawaid Syarh Muslim, juga kitab Syarh At-Talqin dan lainnya. Wafat tahun 536 H dalam usia 83 tahun.

       5.     الشيخ / Asy-Syaikh

Jika ditemukan istilah Asy-Syaikh dalam kitab mazhab Maliki, maka yang dimaksud adalah Imam Ibn Abi Zaid.

ابن ابي زيد / Ibn Abi Zaid
Nama lengkap beliau adalah Abu Muhammad, Abdullah bin Abi Zaid Al-Qairawani Al-Maliki, salah seorang ulama alim di negeri Maghrib. Beliau digelari dengan “Malik Shagir/Kecil”. Beliau belajar pada ulama dan fuqaha’ daerah Qairawan. Lalu saat haji, beliau juga sempat belajar pada Abu Sa’id ibn A’rabi, Muhammad bin Fatah, Hasan bin Nashar dan lainnya.

Banyak ulama yang sempat mendengar hadits dan belajar dari beliau, diantaranya: Al-Faqih Abdurrahim bin ‘Ajuz As-Sibti, Al-Faqih Abdullah bin Ghalib As-Sibti, Abdullah bin Walid bin Sa’ad, Abu Bakar Al-Khulani dan lainnya. Diantara karya beliau adalah An-Nawadir wa Az-Ziyadat dan Ikhtishar Al-Mudawwanah (kedua kitab ini menjadi rujukan fatwa daerah Maghrib), kitab Matan Ar-Risalah dan lainnya. Wafat bulan Sya’ban tahun 389 H.

      6.     السيخان / Asy-Syaikhan

Jika ditemukan istilah Asy-Syaikhan (dua orang syekh) dalam kitab Maliki maka yang dimaksud adalah Abu Muhammad, Abdullah bin Abi Zaid dan Abu Hasan, Ali Al-Qabisi.

علي القابسي / Ali Al-Qabisi

Nama lengkap beliau adalah Abu Hasan, Ali bin Muhammad bin Khalaf Al-Mu’afiri Al-Qarwi Al-Qabisi Al-Maliki. Lahir tahun 324 H. Diantara karangan beliau adalah Al-Mulakhash, Al-Mumahhad dan lain-lain. Wafat tahun 403 H.

      7.     الصقليان / Ash-Shaqliyan

Jika ditemukan Istilah Ash-Shaqliyan dalam kitab Maliki maka yang dimaksud adalah Ibn Yunus dan Abdul Haq.

ابن يونس / Ibn Yunus
Nama lengkap beliau adalah Muhammad Abu Bakar bin Abdillah bin Yunus bin Tamim Ash-Shaqli. Belajar pada Abu Hasan Al-Hasairi Al-Qadhi, ‘Atiq Al-Fardhi dan Ibn Abi Abbas. Mengarang kitab Al-Jami’ (dimana beliau menggabung kitab Al-Mudawwanah dengan beberapa kitab induk dalam mazhab Maliki) yang menjadi kitab pokok para pelajar ilmu fiqh ketika mudzakarah. Wafat tahun 451 H.

عبد الحق / Abdul Haq

Nama lengkap beliau adalah Abdul Haq bin Muhammad bin Harun At-Tamimi Al-Qurasyi Ash-Shaqli. Salah seorang imam yang masyhur di zamannya. Wafat di Iskandaria tahun 466 H

      8.     العراقيون / Al-‘Iraqiyyun

Istilah Al-‘Iraqiyyun dalam Mazhab Maliki merujuk kepada Qadhi Ismail, Qadhi Abu Hasan, Ibn Qashar, Ibn Jallab, Qadhi Abdul Wahab, Qadhi Abu Faraj, Syekh Abu Bakar Al-Abhari dan pengikut mereka.

القاضي اسماعيل / Qadhi Ismail

Nama lengkap beliau adalah Ismail bin Ishaq bin Ismail bin Hammad bin Zaid Al-Azdi Al-Maliki. Beliau adalah Faqih mazhab Maliki serta Qadhi/Hakim di daerah Baghdad. Belajar fiqh pada Muhammad bin Mu’azzil serta mengambil hadits dari Ibn Al-Madini. Wafat tahun 228 H.

القاضي ابن القصار / Qadhi Ibn Qashar

Nama lengkap beliau adalah Abu Hasan, Ali bin Umar bin Ahmad Al-Baghdadi. Salah satu pemimpin mazhab Maliki di zamannya. Wafat tahun 398 H.

ابن الجلاب / Ibn Jallab

Nama lengkap beliau adalah Ubaidillah bin Husein bin Hasan, Abu Qasim Ibn Jallab Al-Maliki. Diantara karyanya adalah kitab At-Tafri’. Belajar fiqh pada Syekh Al-Abhari. Wafat sepulangnya dari haji tahun 378 H.

القاضي عبد الوهاب / Qadhi Abdul Wahab

Nama lengkap beliau adalah Abdul Wahab bin Ali bin Nashar bin Ahmad, Abu Muhammad Al-Baghdadi. Beliau merupakan Imam Mazhab Maliki pada zamannya. Belajar fiqh pada Ibn Qashar dan Ibn Jallab. Wafat tahun 422 H.

القاضي ابو الفرج / Qadhi Abu Faraj

Nama lengkap beliau adalah Umar bin Muhammad bin Amru Al-Laitsi Al-Baghdadi. Menjadi Hakim di Thursus. Diantara karyanya adalah Al-Luma’ dan Al-Hawi.

الشيخ ابو بكر الابهري / Syaikh Abu Bakar Al-Abhari

Nama lengkap beliau adalah Muhammad bin Abdillah bin Shalih, Abu Bakar Al-Abhari. Merupakan Imam Mazhab Maliki pada zamannya. Wafat tahun 375 H.

      9.     القاضي / Qadhi

Jika ditemukan istilah Qadhi dalam kitab fiqh Maliki maka yang dimaksud adalah Qadhi Abdul Wahab (biografi singkat diatas).

      10.القاضيان / Qadhiyan

Jika ditemukan istilah Qadhiyan dalam kitab fiqh Maliki maka yang dimaksud adalah Qadhi Abdul Wahab dan Qadhi Ibn Qashar (biografi mereka berdua diatas).

      11.القرينان / Qaryanan

Yang dimaksud adalah Imam Asyhab dan Ibn Nafi’

اشهب / Asyhab
Nama lengkap beliau adalah Asyhab bin Abdul Aziz bin Daud Al-Qaysi Al-‘Amiri Al-Ja’di. Kunyah beliau adalah Abu Amr. Nama asli beliau adalah Miskin namun beliau lebih masyhur diketahui dengan nama Asyhab. Salah seorang pakar Mazhab Maliki di Mesir. Pernah menjabat sebagai pencatat pajak di Mesir. Meriwayatkan hadits dari Imam Malik bin Anas, Imam Al-Laits bin Sa’ad, Imam Fudhail bin Iyadh. Beberapa orang ulama pernah meriwayatkan hadits dari beliau, diantaranya: Imam Sahnun bin Sa’id dan masih banyak lagi. Imam Syafi’i pernah berkata “Aku tidak pernah menemukan orang yang lebih faqih dari Asyhab”. Wafat tahun 204 H.

ابن نافع / Ibn Nafi’

Nama lengkap beliau adalah Abdullah bin Nafi’ Ash-Sha’igh. Mufti Madinah pada zamannya. Diantara ulama yang pernah mendengar hadits darinya adalah Imam Sahnun dan beberapa Ulama besar lainnya, terkhusus ulama mazhab Maliki. Wafat tahun 186 H.

      12.القضاة الثلاثة / Al-Qudhah Ats-Tsalatsah

Jika ditemukan istilah Al-Qudhah Ats-Tsalatsah dalam kitab fiqh mazhab Maliki, maka yang dimaksud adalah Qadhiyan ( Qadhi Abdul Wahab dan Qadhi Ibn Qashar) serta Qadhi Abu Walid Al-Baji.

القاضي ابو الوليد الباجي / Abu Walid Al-Baji

Nama lengkap beliau adalah Sulaiman bin Khalaf bin Sa’ad bin Ayub Al-Andalusi Al-Baji. Beliau adalah salah satu hafizh dalam Ilmu Hadits serta merupakan Faqih yang alim. Belajar pada Abu Thayyib Ath-Thabari, Abu Ishaq Asy-Syirazi dan Khatib Al-Baghdadi. Diantara ulama yang pernah belajar pada beliau adalah Ibn Abdil Barr dan Ibn Hazm. Wafat tahun 474 H.

      13.المحمدان / Al-Muhammadan

Jika ditemukan istilah Al-Muhammadan dalam kitab fiqh Maliki, maka yang dimaksud adalah Ibn Mawaz dan Ibn Sahnun

ابن المواز / Ibn Mawaz

Nama lengkap beliau adalah Abu Abdillah, Muhammad bin Ibrahim bin Ziyad bin Mawaz Al-Iskandarani Al-Maliki. Merupakan salah satu Imam Mazhab Maliki pada zamannya. Belajar pada Ibn Abdil Hakim, Ibn Al-Majisyun dan Ashbagh. Wafat tahun 281 H.

ابن سحنون / Ibn Sahnun

Nama lengkap beliau adalah Abu Abdillah, Muhammad bin Abdissalam Sahnun bin Sa’id Al-Tanukhi Al-Qairawani. Salah seorang imam Mazhab Maliki di Maghrib. Belajar fiqh pada ayahnya (Imam Sahnun) dan meriwayatkan hadits dari Abu Mush’ab Az-Zuhri. Wafat tahun 265 H.

      14.المحمدون الاربعة / Al-Muhammadun Al-Arba’ah
 
Jika ditemukan istilah Al-Muhammadun Al-Arba’ah (Muhammad yang 4), maka yang dimaksud adalah Ibn Abdus, Ibn Sahnun, Ibn Abdil Hakim dan Ibn Mawaz. Ibn Farahun pernah berkata “Mereka adalah Imam Mazhab Maliki yang hidup dalam satu zaman, dimana tidak ada satu zaman pun terdapat banyak Imam Mazhab Maliki kecuali pada zaman mereka. Dua orang berasal dari Andalus (Ibn Abdus dan Ibn Sahnun) dan dua orang lagi berasal dari Mesir (Ibn Abdil Hakim dan Ibn Mawaz)”.

ابن عبدوس / Ibn Abdus

Nama lengkap beliau adalah Abu Abdillah, Muhammad bin Ibrahim bin Abdus. Ahli Fiqh dari Maghrib. Belajar pada Imam Sahnun. Beliau dikenal sangat menguasai persoalan ikhtilaf fiqh ahli Madinah. Wafat tahun 260 H.

        15.المدنيون / Al-Madaniyun

Jika ditemukan istilah Al-Madaniyun dalam kitab fiqh Maliki, maka yang dimaksud adalah ulama mazhab Maliki di Madinah yakni Imam Ibn Kinanah, Ibn Al-Majisyun, Mutharrif, Ibn Nafi’, dan Ibn Maslamah.

ابن كنانة / Ibn Kinanah

Nama lengkap beliau adalah Utsman bin Isa bin Kinanah. Dikenal sebagai murid Imam Malik yang senantiasa hadir di majelis beliau hingga Imam Malik wafat. Beliau adalah salah satu murid Imam Malik yang paling kuat hafalannya. Wafat tahun 186 H.

ابن مسلمة / Ibn Maslamah

Nama lengkap beliau adalah Muhammad bin Maslamah bin Muhammad bin Hisyam. Salah satu fuqaha’ Madinah dan Ashab Imam Malik. Salah satu murid Imam Malik yang paling faqih. Wafat tahun 216 H.

       16.المصريون / Al-Mishriyyun

Jika ditemukan istilah Al-Mishriyyun dalam kitab fiqh Maliki yang dimaksud adalah Imam Mazhab Maliki di Mesir yakni Imam Ibn Qasim, Asyhab, Ibn Wahab, Ashbagh bin Faraj dan Ibn Abdil Hakim.

ابن القاسم / Ibn Qasim

Nama lengkap beliau adalah Abu Abdillah, Abdurrahman bin Qasim bin Khalid bin Junadah. Salah satu ulama besar Mazhab Maliki di Mesir. Seorang yang tsiqoh dan saleh serta kuat dalam memegang mazhab Maliki. Wafat tahun 191 H.

ابن وهب / Ibn Wahab

Nama lengkap beliau adalah Abu Muhammad, Abdullah bin Wahab bin Muslim Al-Qurasyi. Diceritakan bahwa beliau meriwayatkan hadits dari 400 orang ulama, diantaranya: Imam Malik bin Anas, Imam Al-Laits bin Sa’ad dan lain-lain. Salah seorang Ashab Imam Malik yang paling Faqih dan paling mengetahui sunnah dan atsar.

اصبغ / Ashbagh

Nama lengkap beliau adalah Abu Abdillah, Ashbagh bin Faraj Al-Mishri. Faqih dan Mufti Mesir pada zamannya. Mengambil hadits dari Ibn Wahab dan Ibn Qasim. Ibn Ma’in pernah berkata “Beliau adalah makhluk Allah yang paling mengetahui pendapat Imam Malik per-detail masalah, hingga ia mengetahui kapan Imam Malik mengatakannya dan siapa saja yang berbeda pendapat dengannya”. Diantaranya yang mengambil hadits dari beliau adalah Imam Bukhari dan Yahya bin Ma’in. Wafat tahun 225 H.

       17.المغاربة / Al-Magharibah

Jika ditemukan istilah Al-Magharibah dalam fiqh Maliki, maka yang dimaksud adalah Imam Mazhab Maliki di daerah Maghrib yakni Ibn Abi Zaid, Ibn Al-Qabisi, Ibn Al-Libad, Al-Baji, Al-Lakhmi, Ibn Muhraz, Ibn Abdil Barr, Ibn Rusyd, Ibnul ‘Arabi, Qadhi Sanad, Al-Makhzumi, Ibn Syiblun dan Ibn Sya’ban.

ابن القابسي / Ibn Al-Qasibi


Nama lengkap beliau adalah Abu Hasan, Ali bin Muhammad bin Khalaf Al-Mu’afiri Al-Qairawani. Faqih dan Syaikh Mazhab Maliki. Mengambil hadits dari Ibn Surur Ad-Dibagh, Al-Kinani. Wafat tahun 403 H.

ابن اللباد / Ibn Al-Libad

Nama lengkap beliau adalah Muhammad Abu Bakar bin Al-Libad bin Muhammad bin Wusyah. Murid dari Yahya bin Umar. Diantara karya beliau adalah kitab Ushmah Al-Anbiya’ dan Manaqib Imam Malik. Diantara murid beliau adalah Ibn Abi Zaid. Wafat tahun 333 H.

اللخمي / Al-Lakhmi

Nama lengkap beliau adalah Imam Abu Hasan, Ali bin Muhammad Ar-Rab’i yang lebih dikenal dengan Al-Lakhmi. Belajar fiqh pada Ibn Muhraz dan Abu Fadhl Ibn Bin Khaldun. Diantara murid beliau adalah Imam Al-Maziri dan Abu Fadhl An-Nahwi. Wafat tahun 478 H.

ابن عبد البر / Ibn Abdill Barr

Nama lengkap beliau adalah Abu Umar, Yusuf bin Abdillah bin Muhammad bin Abdill Barr An-Namari. Salah seorang Hafizh dalam hadits dan pakar ilmu lainnya. Beliau mempunyai banyak karya dalam berbagai disiplin ilmu. Meriwayatkan hadits dari Sa’id bin Nashar dan Ibn Dhaiyfun. Tidak ada ulama Maghrib yang lebih hafizh dari beliau. Beliau adalah Imam ilmu hadits dan atsar pada zamannya. Wafat tahun 463 H.

ابن رشد الجد / Ibn Rusyd Al-Jadd

Nama lengkap beliau adalah Abu Walid, Muhammad bin Ahmad bin Rusyd. Dikenal sebagai Faqih dan Hakim daerah Qhurthubi (Cordova). Diantara karya beliau adalah Kitab Al-Bayan dan At-Tahshil. Belajar fiqh pada Imam Abi Ja’far ibn Marzuq dan meriwayatkan hadits dari al-Ghassani. Diantara murid beliau adalah Qadhi Iyadh. Wafat tahun 520 H.

ابن العربي / Ibnul ‘Arabi

Nama lengkap beliau adalah Abu Bakar, Muhammad bin Abdillah bin Muhammad bin Abdillah bin Al-‘Arabi Al-Andalusi Al-Isybili. Mendengar hadits dari Hasan Al-Hauzani dan ulama lainnya. Belajar fiqh dari Imam Abu Hamid Al-Ghazali dan Imam Asy-Syaasyi. Diantara karya beliau adalah ‘Aridhah Al-Ahwadzi Syarh Sunan At-Tirmidzi, Ahkam Al-Qur’an dan lain-lain. Wafat tahun 543 H.

القاضي سند / Qadhi Sanad

Nama lengkap beliau adalah Abu Ali, Sanad bin Anan bin Ibrahim bin Hariz bin Husein bin Khalaf Al-Azdi. Mendengar hadits dari Al-Thurthusyi. Wafat tahun 541 H.

المخزومي / Al-Makhzumi

Nama lengkap beliau adalah Mughirah bin Abdirrahman Al-Makhzumi. Salah seorang pembesar dalam Ashab Imam Malik. Meriwayatkan hadits dari Hisyam bin Urwah. Beliau adalah Faqih kota Madinah sepeninggal Imam Malik. Diantara yang meriwayatkan dari beliau adalah Imam Bukhari.

ابن شبلون / Ibn Syiblun

Nama lengkap beliau adalah Abu Qasim, Abdul Khaliq bin Khalaf bin Sa’id bin Syiblun Al-Qarawi. Beliau adalah tempat rujukan fatwa dan pengajar utama di Qairawan paska wafatnya Ibn Abi Zaid. Wafat tahun 390 H.

ابن شعبان / Ibn Sya’ban

Nama lengkap beliau adalah Muhammad bin Qasim, Ibn Sya’ban. Wafat tahun 355 H.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images