Tentang lupa

5:52 PM

Manusia adalah makhluk pelupa.Itulah sebabnya dalam bahasa arab , akar kata manusia (insan) dan lupa (Nisyan) sama.Tidak ada manusia yang bisa mengingat seluruh hal yang pernah singgah dalam kehidupannya.Bahkan menurut penelitian , daya ingat seseorang bisa langsung turun beberapa persen hanya selewat 1 lebih 10 detik saja.

Walaupun begitu , hal ini tidak bisa secara otomatis menjadi alibi setiap kesalahan manusia.Ketika kita melanggar norma , kita tidak bisa dengan santainya berucap “saya kan manusia yang pelupa”. Disifati dengan lupa , bukan berarti tidak ada yang teringat oleh manusia.Justru kekuatan ingat manusia lebih kuat dari lupanya.Lupa biasanya hanya menyerang titik-titik tertentu .

Untuk menyiasati lupa inilah kita butuh alarm.Kita butuh pengingat yang setiap saat mengingatkan kita akan hal-hal yang harus kita ingat.Ada banyak macam alarm yang bisa mengingatkan kita.Mulai dari mencatat hal-hal penting , menggunakan fasilitas pengingat elektronik , sampai saling bertukar nasehat dengan orang lain.

Mungkin karena itulah dalam surat al-‘ashr , Allah mengatakan bahwa manusia itu adalah makhluk yang merugi , kecuali mereka yang beriman , mengerjakan amalan kebaikan dan saling menasehati dengan kebenaran dan kesabaran.

*Pojok kanan 5/10/2011 , Karena manusia itu pelupa , ingatkanlah !

Kadang kita butuh alarm diri , bahkan untuk hal2 yang sepele

Pengingat sederhana

Tak perlu muluk-muluk

You Might Also Like

1 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images