Dan hidup itu adalah

5:28 PM

"Dan hidup itu seperti apa sebenarnya ?" ujarku pagi ini. 



Hidup mungkin salah satu kata yang punya banyak ungkapan walau -menurut saya- tidak ada satupun yang berhasil mendefenisikannya dengan tepat sesuai kaedah-kaedah defenisi ilmiah. Kebanyakan hanya bisa mendefenisikan sesuai dengan apa yang ia alami, ia rasakan atau minimal yang ia perhatikan dari sekelilingnya. Kita sering mendengar ungkapan-ungkapan seperti "Hidup adalah masalah" "Hidup adalah pilihan" "Hidup adalah Misteri", namun semua itu hanyalah bagian-bagian parsial dari hidup.


Ketika seseorang begitu sering mendapatkan masalah, ia pun mengungkapkan defenisi Hidup sebagai masalah walau sebenarnya ungkapan itu lebih kepada curhatan ketimbang defenisi ilmiah. Ketika seseorang begitu sering merasakan dilema antara banyak pilihan, ia pun mengungkapkan bahwa hidup adalah pilihan. Begitu juga motivasi-motivasi pen-defenisian hidup yang lain yang akan sering kita temukan.


Lalu apa defenisi hidup menurut saya sendiri ?


Bagi saya hidup adalah hidup itu sendiri. Ia adalah bagian dari ungkapan-ungkapan yang kita alami, kita rasakan dan kita jalani. Hidup adalah apapun yang menjadi bagian dari diri kita.


Terkesan naif, namun begitulah kiranya hidup yang saya jalani.....

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images