Syekh Nuruddin 'Itr - Ahli Hadits masa kini asal Syria

10:17 AM

Nama lengkap beliau adalah Nuruddin Muhammad Hasan 'Itr. Lahir di daerah Halab (Sebuah daerah di wilayah Syam, Syria sekarang) pada tahun 1937 M / 1256 H.

Sejak kecil, beliau sudah sering diajak oleh ayah beliau untuk menghadiri majelis pengajian para ulama diantaranya adalah majelis Kakek beliau Syekh Al-Muhaddits Najib Siraj Al-Husaini. Beliau menamatkan pendidikan tsanawi (setingkat SMA) pada tahun 1954, kemudian melanjutkan bangku pendidikan ke Universitas Al-Azhar - Mesir hingga sampai ke jenjang S3 ( doktoral ) pada tahun  1964 di bidang tafsir hadits dengan predikat Summa Cumlaude.

Setelah tamat dari Al-Azhar, beliau pun memulai karir di dunia pendidikan dengan menjadi dosen di  Jami'yah Islamiyah Madinah (65-67), lalu dosen di Universitas Damasqus sejak tahun 68 sampai sekarang. Pada tahun 1979 beliau dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Al-Qur'an dan Hadits di Universitas yang sama.

Selain menjadi dosen, beliau juga termasuk penulis produktif serta ahli filologi / tahkik turots yang handal. Diantara karangan beliau adalah :

1. Al-Imam at-Tirmidzi wa Al- Muwazanah bayna Jami'ahu wa Shohihain

2. I'lamul Anam ( Kitab penjelasan hadits-hadits dalam kitab Bulughul Maram )

3. Syarah 'Ilal At-Tirmidzi

4. Manhaj An-Naqd fi ulum Al-Hadits

5. Al-Mughni fi Ad-Dlu'afa li Al-Imam Adz-Dzahabi
6. Tahkik beliau atas kitab Nuzhatun Nazhor Karya Imam Ibn Hajar Al-Asqalani

Dan masih banyak lagi karangan serta hasil tahkikan beliau yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Saya sendiri alhamdulillah sempat belajar dengan beliau saat kunjungan beliau ke Al-Azhar beberapa bulan yang lalu. Dengan beliau, saya bersama pelajar di Masjid Azhar menamatkan kitab Nuzhatun Nazhor karangan Imam Ibn Hajar Al-Asqalani, Kitab al-Arba'in An-Nawawiyah, Tsulatsiyat Imam Bukhori serta kitab beliau 'Ulumul Qur'an.

Walaupun umur beliau sudah begitu tua dan suara beliau yang sudah lemah, namun penjelasan beliau begitu hebat dan penuh dengan keilmuan. Semoga Allah memanjangkan umur beliau serta memberikan ganjaran atas usaha beliau dalam membangun Umat Islam lewat karya beliau, Amin.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images