Teladan Ulama - Menghormati Spesifikasi Keilmuan

10:15 PM

Imam Al-Mundziri - Shohibul Targhib wa Tarhib - adalah tempat bertanya bagi orang mesir. Ia adalah tempat meminta fatwa bagi kaum muslim di Mesir. Namun tatkala Imam Izz bin Abdissalam hijrah dari Syam ke Mesir, Beliau pun berhenti berfatwa. Setiap datang manusia meminta fatwa kepada beliau, beliau selalu menolak dan menyuruh mereka untuk meminta fatwa kepada Imam Izz bin Abdissalam. Bahkan beliau berkata "Aku tidak akan berbicara tentang masalah fiqh selama Izz bin Abdissalam ada di sekitar kita". Begitulah adab seorang ulama dalam menghormati ulama lain terutama ulama lain yang memiliki spesifikasi dalam bidang tersebut (Imam Mundziri spesifikasinya di bidang Hadist - Imam Izz bin Abdissalam di bidang Fiqh dan Fatwa). Dan sekedar tambahan, Imam Izz bin Abdissalam sendiri belajar hadits ke Imam Mundziri.

Dalam masa tersebut, Hijrah pula Imam Abu Hasan Asy-Syadzili dari Maghrib ke Mesir. Suatu hari Beliau bertiga duduk menjadi pengajar kitab Risalah Qusyairiyah (Kitab Suluk dan tarbiyah nafs). Imam Mundziri pun menjadi pembicara pertama menjelaskan kitab tersebut sesuai ilmu beliau. Lalu imam Izz bin Abdissalam mendapat giliran kedua untuk menjelaskan kitab tersebut sesuai ilmu beliau pula. Tatkala kesempatan diberikan kepada Imam Abu Hasan Asy-Syadzili, beliau pun menjelaskan kitab tersebut dengan penjelasan yang sangat detail sekali sehingga Imam Izz bin Abdissalam pun takjub dengan tingkat keilmuan Imam Abu Hasan Asy-Syadzili.

Semenjak itu, Imam Izz bin abdissalam pun duduk di bawah bersama para penuntut ilmu untuk mendengarkan pengajian Kitab Risalah Qusyairiyah dari Imam Abu Hasan Asy-Syadzili.

#Saling menghormati antar ulama
##Menghormati spesifikasi ilmu masing-masing

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images