Beda Google Pagerank dan Alexa rank

11:24 PM

Saat ini ada dua situs yang setidaknya dijadikan acuan dalam masalah "tenar" atau tidaknya sebuah website ataupun blog.Kedua situs tersebut adalah google.com dan alexa.com yang terkenal dengan google pagerank dan Alexa rank.Secara umum, penilaian kedua situs ini terhadap web/blog kita lumayan berpengaruh.Misalnya beberapa program PPC (pay per Click) seringkali melihat besaran bayaran buat sebuah blog dengan mempertimbangkan hitungan Google Pagerank dan Alexa Rank.

Jadi Intinya , Google pagerank dan Alexa rank ini menjadi tolak ukur atau skala kemajuan dan ketenaran blog kita di dunia maya

Namun ada beberapa perbedaan Google pagerank dengan Alexa Rank

Pertama,jelas bahwa google page rank merupakan robot ciptaan dari google.com, sedangkan alexa rank merupakan robot ciptaan alexa.com.

Kedua, dalam menentukan penilaian , google merangking sebuah blog atau situs berdasarkan backlink yang menuju ke arah blog tersebut.Artinya ketika google melihat (emang punya mata ^_^) banyaknya arus backlink dari bermacam-macam situs ke blog tersebut,google menganggap bahwa blog tersebut tenar dan layak untuk "dinaikkan" pageranknya.

Adapun Alexa rank , biasanya akan meranking suatu situs berdasarkan jumlah traffic atau seberapa banyak pengunjung yang datang kesuatu situs atau blog dengan hitungan jumlah rata-rata kunjungan perhari. Semakin banyak pengunjung maka semakin bagus pula rankingnya dimata alexa.

Ketiga,Cara menentukan rangking antara google dan alexa berbanding terbalik.Kalau di google , pagerank dihitung mulai dari Nol (biasanya N/a) dan semakin tinggi nominal angka pagerank berarti semakin bagus dan tenar pula blog kita di mata google.

Berbeda pula dengan Alexa.Alexa biasanya menghitung berdasarkan angka terbesar menuju terkecil.Jadi semakin kecil alexa rank blog kita,maka semakin bagus blog kita di mata alexa

Namun sedikit catatan,berdasarkan perbedaan 'cara pandang" dalam menilai,tidak mesti sebuah situs yang google pageranknya tinggi dan tenar otomatis angka alexa rank nya juga tenar (alias rendah) , begitu juga sebaliknya.Makanya jangan heran kalau blog saya meski Pageranknya udah 2 namun alexanya masih jutaan.Ini berarti banyak yang melakukan backlink ke blog saya namun jarang yang benar-benar mengintip isinya satu persatu :(

ada yang mau nambahkan ?

U P D A T E

Silahkan Cek Pagerank Blog atau Situs Sahabat !

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images