Pemilura PPMI 2011 - Pertarungan Aktifis Ideal

11:10 AM



Momen Pemilihan Umum Raya (Pemilura) PPMI Mesir tahun ini -bagi saya- mungkin lebih menarik dari tahun-tahun sebelumnya.Saya sendiri cukup terkejut ketika melihat edaran Akun FB panitia pemilu raya lewat statusnya menyebutkan bahwa ada 2 calon yang akan bertarung di Pemilura kali ini, terlebih calon yang kedua muncul setelah Panitia Pemilura mengundur batas waktu pendaftaran calon akibat hanya ada satu calon yang muncul pada mulanya (ini sesuai UU Pemilura).

Keterkejutan saya adalah melihat Calon-calon yang bertarung tersebut.Calon pertama adalah Pasangan Abu Nashor Bukhori dan Muhammad Syukron, sedangkan calon kedua adalah Andy Hariyono dan Nur Fadlan.Jujur,dari sekitar 3 pemilura yang telah saya lewati disini (mesir) , baru kali ini saya menemukan pertarungan calon yang saya sebut dengan “Pertarungan Aktifis Ideal”.Mungkin saya sendiri tidaklah begitu mengenal kedua pasangan calon orang nomor Satu dan Dua dilembaga eksekutif PPMI ini,namun paling tidak saya mengenal secara umum track record dari 4 orang Capres dan cawapres ini,saya yakin masisir secara umum pun mengenal mereka.

Siapa masisir yang tidak kenal Abu Nashar Bukhori ? Aktifis yang satu ini sudah masyhur dikalangan masisir sebagai Mahasiswa dengan track record pendidikan yang “luar biasa”.Beberapa tahun di lewati dengan natijah yang berkisar antara Imtiyaz dan Jayyid Jiddan.Belum lagi keaktifan beliau dalam hampir setiap kegiatan yang dilakukan PPMI tahun-tahun sebelumnya.Bisa dibilang dalam acara-acara bertema besar PPMI , tidaklah sulit menemui sosok beliau, disamping keaktifan beliau di organisasi lain tentunya.Beliau juga sering menjadi Host-host dalam acara budaya yang diselenggarakan KBRI karena kemampuan bahasanya yang luar biasa.Beliau sendiri pernah menjadi Guru saya dalam belajar hadits.Paling tidak , Sosok abu nashar adalah role model dari kriteria mahasiswa idaman.

Muhammad Syukron sendiri bagi saya adalah sosok yang sudah tidak asing lagi.Beliau adalah “keluarga saya” yang dengan tingkat integritas tinggi dan keuletan yang tangguh , mengantarkan saya untuk kuliah di Mesir ini.Usaha-usaha beliau , keseriusan beliau dalam menjalankan amanah adalah sikap yang patut dicontoh. Bagi saya beliau adalah aktifis dengan kemampuan Lobbying yang dahsyat.Belum lagi sikap rendah hati dan suka menasehati menjadi poin plus buat beliau.Jabatan sebagai wakil ketua KMM dan pernah menjabat sebagai direktur Asrama Mahasiswa Rumah Gadang KMM Mesir cukup untuk menjadi acuan pengalaman beliau dalam mengatur sebuah organisasi.

Andy Hariyono, aktifis yang satu ini boleh saya bilang adalah Aktifis tersuper yang pernah saya temui selain Kanda Muhammad Hamzah Zubair di Organisasi Pelajar Islam Indonesia (PII).Integritas, pengorbanan dan keseriusannya dalam menjalankan roda Organisasi tidak pernah saya ragukan.Sikapnya yang kritis dan respon sosial yang tinggi seringkali membuat saya berucap dalam hati bahwa beliau memang ditakdirkan untuk berkhidmah ke Masisir (atau apapun komunitas yang ia geluti) tanpa harus dikenal.Setiap kali saya menyambangi Mabes PII Mesir di Bawabah 2, selalu berujung diskusi yang menumpahkan tanya “Sudah berapa banyak khidmah kita untuk melakukan perubahan sosial di tempat kita berdiri ? ”.Hampir tidak pernah ada pertemuan saya dengan beliau yang tidak dilewatkan dengan diskusi dan tukar menukar ilmu.Beliau sendiri sering menjadi “pengingat” saya tatkala lalai dalam melaksanakan Ibadah terutama Shalat berjama’ah.Ide-ide beliau sederhana namun dahsyat.Tipikal problem solver yang susah dicari saat ini.

Nur Fadlan, jujur saya tidak terlalu mengenal dekat beliau.Dialog antara saya dan beliau baru terjadi satu kali.Namun dari gaya pemaparan beliau dalam dialog tersebut, ditambah dengan keaktifan beliau di begitu banyak organisasi , cukup membuat saya yakin bahwa beliau adalah tipikal Leader.Track record beliau dalam menjadi aktifis di beberapa organisasi sudah tidak diragukan lagi.Pemikiran beliau progresif dan kritis.Paling tidak dengan diskusi dengan beliau, beberapa isu miring seputar beliau bisa saya nilai dengan cara pandang lain.Saya pikir, salah satu poin yang membuat beliau unggul adalah pembacaan beliau yang luas terhadap realitas yang terjadi.

Jujur saya sendiri masih sangat bingung kalau seandainya saat ini datang seseorang teman, menodong saya dengan pisau untuk menjawab tanya “Siapa yang akan kamu pilih dalam Pemilura nanti ?” mengingat calon-calon yang muncul begitu dahsyat,sama-sama aktifis , sama-sama cerdas, sama-sama berintegritas tinggi , sama-sama kritis dan progresif , serta sama-sama memiliki pengaruh di tengah-tengah masisir.

‘Ala kulli hal , Bagi saya tidak terlalu masalah siapa yang akan menjadi Presiden dan Wakil Presiden DPP PPMI periode 2011-2012 nantinya.Siapapun yang naik pada akhirnya, ada beberapa Pekerjaan rumah yang harus diselesaikan secara cepat dan solutif.Permasalahan yang bersifat internal PPMI maupun yang eksternal di daerah Masisir harus segera diselesaikan.Masalah Pendidikan , moral dan keamanan paling tidak akan menjadi wilayah konsentrasi perjuangan PPMI ke Depan.Apalagi Situasi Mesir yang masih belum stabil , tentunya akan menguras tenaga tersendiri bagi para Pejabat PPMI, mengingat cakupan PPMI yang luas dan sangat dibutuhkan oleh Masisir.

Semoga siapapun yang terpilih nantinya,dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya, lebih mendahulukan kepentingan masisir ketimbang kepentingan pribadi dan golongan, dan mampu memberikan yang terbaik buat masisir.Kepada Masisir secara umum , saya juga berharap agar ajang Pemilura ini dapat disikapi dengan bijaksana dan penuh perhitungan serta tetap memperhatikan nilai dan norma moral yang berlaku.Pemilura yang Jujur,bebas,adil,terbuka dan kekeluargaan semoga tetap menjadi acuan dalam bersikap dan bertindak, sesuai dengan tema pemilura kali ini “Dengan sinergitas dan loyalitas kita wujudkan pemilu yang berkualitas”...billahit taufiq

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images