Tentang Gosip

11:22 PM

Suatu hari , seorang pria berjumpa dengan Sokrates –sang filsuf besar Yunani yang sangat terkenal dengan ketinggian pengetahuan dan kebijaksanaannya .Ia berkata “Tahukah Anda apa yang baru saja saya dengar mengenai salah seorang teman anda ?”

“Tunggu sebentar ,” jawab Sokrates.”Sebelum anda memberitahukan sesuatu , saya ingin anda melewati sebuah ujian kecil.Ujian tersebut dinamakan ‘Ujian Saringan Tiga Kali’.

“Saringan tiga kali ?” tanya pria tersebut.”Betul,” Lanjut Sokrates.

“Sebelum anda mengatakan kepada saya mengenai teman saya, mungkin ide bagus untuk menyediakan waktu sejenak dan menyaring apa yang akan anda katakan.Itulah kenapa saya sebut ujian saringan tiga kali.

“Saringan pertama adalah KEBENARAN , Sudah yakinkah anda bahwa apa yang akan katakan kepada saya memang benar ?”

“Tidak,” kata pria tersebut ,”sesungguhnya saya baru saja mendengarnya dan ingin memberitahukannya kepada Anda.”

“Baiklah,” kata Sokrates ,”Jadi anda sungguh tidak tahu apakah hal itu benar atau tidak”

“Sekarang mari kita coba saringan yang kedua , yaitu KEBAIKAN.Apakah yang akan anda katakan kepada saya mengenai teman saya itu adalah sesuatu yang baik ?”

“Tidak ,malah sebaliknya , mengenai hal yang buruk.”

“Jadi,” lanjut Sokrates , “Anda ingin mengatakan kepada saya sesuatu yang buruk mengenai dia , tapi anda tidak yakin bahwa itu benar.”

“Anda mungkin masih bisa lulus ujian selanjutnya , yaitu KEGUNAAN.Apakah apa yang ingin anda beritahukan kepada saya tentang teman saya tersebut berguna untuk saya ?”

“Hmm Tidak , sungguh tidak ,” jawab pria tersebut.

“Kalau begitu,” simpul Sokrates ,“jika apa yang ingin anda beritahukan kepada saya tidak benar, tidak baik , bahkan tidak berguna untuk saya , kenapa anda ingin menceritakannya kepada saya ?”

***

Tanpa kita sadari , gosip memang sudah menjadi bagian dari budaya kita.Gosip adalah salah satu hal yang paling sering dibicarakan oleh banyak orang.Tak heran jika rating gosip di stasiun TV indonesia sangatlah tinggi.

Gosip itu nikmat karena si tukang gosip sering kali merasa bahwa ia tidak memiliki kesalahan jika mengungkapkannya.Tiada beban mental dan moral ketika seseorang bergosip.Gosip enak dibicarakan karena lebih sering menyangkut detail kehidupan yang seringkali tidak jelas asal usulnya.Bahkan kenikmatan bergosip justru terletak kepada ketidak jelasan sumber dan hal yang diperbincangkan.Kondisi inilah yang membuat setiap orang merasa berhak untuk menambahkan bumbu penyedap dalam setiap gosip yang ia kemukakan sesukanya.

Apakah gosip memiliki manfaat positif bagi kehidupan kita ? saya tidak memiliki jawaban yang mungkin dimiliki oleh mereka yang suka gosip.Namun saya pikir kisah diatas cukup untuk mengajarkan kita , seberapa jauh gosip itu memberikan manfa’at.Lagipula , setiap kita nanti akan diminta tanggung jawab atas seluruh hal yang pernah kita ucapkan dan kita lakukan.Jadi jangan merasa aman ketika berkata seenaknya , apalagi tentang saudara sendiri.

“...Apakah salah seorang kamu suka untuk memakan tubuh saudaranya sendiri yang sudah menjadi mayat ? sungguh kamu membencinya...” (Q.S : Al-Hujurat , 12)

*Pojok kanan 10/10/2011 , SAY NO TO GOSIP , SAY YES TO PANGSIT !!!

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images