Alhamdulillah, Ketemu Juga

11:26 AM


 


Ada banyak hal di dalam dunia ini yang memang tidak bisa kita tebak. Sebagian kita menyebutnya takdir. Saya sendiri lebih suka menyebutnya kehendak Allah. Apakah beda ? wallahu a'lam

Seperti yang saya alami hari ini. Sekitar setahun yang lalu, saya ditanyai abangda Andri Azis tentang dimana kira-kira tempat menjual kitab-kitab karangan Allahu Yarham Syekh Muhammad Sayyid Thanthawi rahimahullah (Mantan Grand Syekh Azhar) karena katanya akan dijadikan bahan untuk tesis senior di Indonesia.

Saya pun mencoba mencari di maktabah-maktabah yang saya ketahui. Kebetulan selama di Mesir, saya punya hobi keluar masuk maktabah walaupun kadang ga beli. Lumayanlah, buat nyuci mata sambil melihat akhwat eh buku-buku baru *becanda.

Akhirnya saya pun nyerah karena saya tidak bisa menemukan kitab karangan beliau selain Tafsir beliau yang ma'ruf.

Setahun setelah kejadian tersebut, tepatnya hari ini, saya iseng pergi ke maktabah fakultas Ushuluddin sepulang dari talaqi di Mesjid Azhar. Kebetulan ada keperluan juga untuk nanya tentang natijah di kampus Ushuluddin.

Sampainya di Maktabah ushuluddin, saya pun mulai mencuci mata. Berharap menemukan kitab menarik dan harus murah, agar enak dilamarnya  . Pandangan saya pun akhirnya tertuju pada kitab berjudul Al-Ijtihad, maklum naluri anak syari'ah. Ternyata buku tersebut dikarang oleh Syekh Thanthawi. Lebih kagetnya lagi, disebelah buku tersebut ada sekitar 6/7 buku karangan beliau. Buku yang setahun lalu saya cari-cari.

Wah nafsu eh naluri buat beli buku saya kembali kumat. Saya pun ambil sekitar 5 judul buku karangan beliau. Maklum, buku2 beliau termasuk langka dan sudah sedikit yang ada disana. Beruntung di kantong ada uang cukuplah buat beli buku-buku tersebut dalam perkiraan sementara saya.

Buku-buku itu pun saya bawa ke petugas.

"Bikam dul / ini semua berapa harganya ? " tanya saya.

"Hmm Sittata Asyar / 16 pound" jawab si petugas.

Saya kaget, kok murah banget "Wallah ?" tanya saya untuk meyakinkan.

"Leh ? enta aiz aghla ? / Kenapa ? ente pengen harganya dimahalin ?" si petugas balik nanya.

Saya cuma cengengesan. Alhamdulillah 5 judul buku berkualitas bisa didapatkan dengan harga yang sangat miring sekali.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images