Kenapa Harus Cek n Ricek Pendapat Orang ?

12:36 PM

Salah satu fungsi mentahkik (cek n ricek) pendapat orang lain dalam sebuah masalah adalah untuk mengetahui apakah yang bersangkutan memahami apa yang ia utarakan atau tidak. Ada kalanya seseorang berpendapat lantaran ketidak tahuannya. Orang2 seperti ini adalah objek dakwah, mereka patut diberitahu dengan cara-cara yang benar, santun dan penuh kelembutan. Maka alangkah kasihannya jika seorang da'i tiba-tiba langsung mencap jelek orang tersebut tanpa mentahkik pendapat orang itu terlebih dahulu.

Jika ia benar-benar paham dengan apa yang ia katakan serta meyakininya, baru disinilah kita masuk kepada tahap selanjutnya yaitu proses penjelasan hukum syar'i terhadap orang tersebut (bisa dalam bentuk fatwa atau qadha).

***

Jangan biarkan pendapat yang lain mati dikubur. Biarkan ia hidup lalu diskusikan atau bantah dengan objektif dan kekuatan argumen.

***

Hari ini, kita akan temukan orang yang akan mati2an membela pendapatnya walau ia sudah tahu bahwa pendapatnya salah. Bukan karena ia membenarkan kesalahan, namun karena ia tidak rela pendapatnya ditolak dengan cara-cara yang tidak indah dan tidak beradab yang kadang muncul dari mereka yang benar dalam dalil dan berargumentasi .


Cairo, 16 Agustus 2013 Pukul 7:35 pagi

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images