Ungkapkan Cinta pada Saudaramu

10:48 AM

dari Anas bin Malik : Ada seorang laki-laki berada di dekat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, kemudian kepadanya lewat seorang laki-laki lain. Laki-laki yang di dekat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. berkata, “Wahai Rasulullah, Sungguh aku mencintainya.”

Maka Rasulullah bertanya, “Apakah engkau sudah memberitahukannya?”

Ia menjawab, “Belum.”

Rasulullah bersabda, “Beritahukanlah kepadanya!”

Kemudian ia pun mengikutinya dan berkata, “Sungguh aku mencintaimu karena Allah.”

Laki-laki itu pun berkata, “Semoga engkau dicintai Allah, yang karena-Nya engkau mencintaiku.”

عن أنس بن مالك أن رجلا كان عند النبي صلى الله عليه وسلم فمر رجل، فقال يا رسول الله: إني لأحب هذا، فقال له النبي صلى الله عليه وسلم: أعلمته؟ قال: لا، قال: أعلمه، قال: فلحقه، فقال: إني أحبك في الله! فقال: أحبك الله الذي أحببتني له

***

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengajarkan kita untuk mengungkapkan cinta kita kepada saudara kita seiman dan seakidah. Rasa cinta memang harus diungkap karena ia akan menguatkan ikatan hati antara orang2 yang bersaudara. Betapa banyak cinta yang tidak terungkapkan akhirnya malah "membunuh" atau malah tiba-tiba berbalik 180 derjat menjadi sangat benci.

Ada beberapa adab dalam mencintai saudara kita, diantaranya :

1. Jangan memanggilnya dengan panggilan yang ia tidak sukai

2. Jika kita butuh bantuannya, maka jangan bersikap seperti bos. Bersikaplah seperti saudara yang senantiasa ingin membantu dengan sikap yang rendah hati.

3. Jika saudara bersalah, maka nasehatilah ia dengan nasehat yang lembut, indah dan penuh kasih sayang. Gunakanlah metode yang tidak membuat ia merasa dihakimi, tapi jadikan ia menyadari sendiri kesalahannya tanpa harus dipaksa-paksa.

4. Hindarilah perdebatan tajam yang tidak ada faedahnya. Bersabar sedikit lebih utama ketimbang harus berdebat panjang yang akan membuat celah dalam hati sehingga syetan pun akan menembakkan panah pertengkaran dengan saudara.


#Uhibbukum fillah wahai sahabat2ku

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images