Membaca Pendapat Ulama dari Sisi Fiqh

9:22 PM

Yang saya sadari, kalau seseorang membaca pendapat ulama itu dari sisi Fiqh maka insya Allah mereka akan beradab dan berakhlak pada beliau. Namun jika ia membaca dari sisi hawa politis apalagi kebencian, maka yang akan keluar adalah cacian serta sumpah serapah.

Kenapa ? Karena landasan utama dalam perbedaan pendapat dari sisi fiqh adalah mendahulukan Akhlak dan Adab bahkan sebelum memulai pembahasan. Bahkan bukan saja akhlak dan adab terhadap pendapat orang lain, namun juga akhlak dan adab terhadap pendapat kita sendiri (dalam artian jujur dalam berpendapat dan ikhlas membahasnya karena Allah ta'ala). Setelah itu baru akhlak dan adab terhadap pendapat orang lain, baik yang berbeda dalam hasil maupun proses.

Itulah kenapa ilmunya bernama ilmu " Adab Al-Bahts wa Al-Munazharah " artinya adab dalam membahas dan meneliti (dari sisi pribadi maupun pendapat lawan) dan adab dalam mengemukakan dan saling mendialogkan pendapat.

***


Yah, andai orang-orang yang tidak berilmu atau yang ilmunya setengah-setengah memilih untuk menahan mulutnya dalam urusan yg benar-benar ia tidak ketahui dengan sempurna, sungguh akan sedikitlah perbedaan dan perpecahan yang terjadi, begitu nasehat Masyaikh saya di Azhar.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images