Sungguh, Saya Merindukannya

11:30 AM

Suatu hari saya membaca sebuah tulisan bantahan terhadap kritikan Syekh Abdullah Shiddiq Ghumari kepada Syekh Albani. Awalnya saya mengharapkan bantahan yang ilmiah, namun ternyata 3/4 tulisan membahas tentang personal Syekh Abdullah Shiddiq Ghumari dan cuma 1/4 nya yang membahas kritikan tersebut, itupun dengan logika yang tidak sejalan.

Begitu juga saat membaca bantahan terhadap kitab At-Ta'rif nya Syekh Mahmud Sa'id Mamduh. Sekitar 900 lebih kritikan Syekh Mahmud Sa'id Mamduh, hanya bisa dibalas sekitar 30an, selebihnya dieksekusi dengan stigma "Lihatlah, beberapa kesalahan ini saja sudah cukup untuk membuktikan kitab ini (At-Ta'rif) jauh dari kaedah ilmiah".

Bagi saya, inilah salah satu masalah yang ditimbulkan oleh sikap fanatisme. Diskusi tidak berjalan ilmiah lantaran disibukkan untuk mengungkap aib personal ketimbang menjelaskan dimana letak kekeliruan yang mesti dibantah. Itupun tak jarang menggunakan bahasa-bahasa generalisir, seolah dengan statement tersebut cukup untuk menghukum keseluruhannya. Tak jarang pula, bahasa2 penghinaan, penghujatan dan semisalnya diikutkan.

Mestinya disadari, bahwa salah satu fungsi diskusi dan debat adalah untuk menjunjung tinggi Istiqamah Ilmiah, bahwa seluruh usaha kita adalah demi satu hal, membaca tanda-tanda kebenaran yang disampaikan oleh Al-Haq, Allah Subhanahu wa Ta'ala. Ketika hal ini menjadi niat sekaligus tujuan utama, sikap2 fanatisme setidaknya bisa dikesampingkan. Ulama terdahulu yang bahkan bermazhab, sanggup untuk tidak fanatis buta yang merusak arena diskusi ilmiah. Setidaknya kritikan mereka benar-benar tepat pada apa yang mestinya dikritik, bukan bersikap seperti kaburiyyun, yang kritikannya mencla mencle kesana kemari.


Sungguh, saya merindukan balas berbalas kritik antara Imam Laits bin Sa'ad dan Imam Malik, atau bantahan Ilmiah Ibn Rusyd terhadap Al-Ghazali. Santun, penuh adab, tapi tetap ilmiah dengan argumentasi yang benar-benar indah dan tajam.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images