Kita Benar-Benar Tidak Tahu

7:03 PM

Suatu hari, didepanku ada sebuah mobil sedang parkir. Di dalamnya ada beberapa orang pemuda tanggung yang sedang mendengarkan lagu yang disetel dengan volume yang begitu kencang. Hatiku berdetak dan otakku langsung menghukum mereka "benar-benar pemuda yang yang sudah kehilangan akal" ucapku dalam hati.

Beberapa detik kemudian, aku melihat salah seorang pemuda mengecilkan suara musiknya lalu ia panggil petugas pembersih jalan yang kebetulan lewat di depannya. Ia keluarkan uang dari sakunya dan ia sedekahkan kepada petugas tersebut. Aku terkejut dan aku berkata dalam hati "Sungguh aku telah salah menghukum mereka dengan sesuatu yang sebenarnya aku tidak ketahui secara pasti".

Kesimpulan ku : Kita benar-benar tidak mengetahui perbuatan seseorang yang mana yang diredloi oleh Allah dan mana yang Allah murkai hanya dari sekedar penilaian zahirnya. Terkadang, bagi mereka yang ahli ibadah dan shaleh, ada dosa kecil tersembunyi yang bisa jadi besar nilainya disisi Allah. Dan terkadang, bagi si pelaku maksiat, ada kebaikan kecil yang tersembunyi yang bisa jadi besar nilainya disisi Allah.


- Ahmad Syuqairi (Empunya 'Khawateer')

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images