Dosa Setelah Dosa

10:15 AM

Imam Al-Ghazali rahimahullah pernah berkata bahwa salah satu penyebab seseorang bergunjing dan mengungkap aib orang lain adalah untuk mengobati marahnya.

Sungguh mengherankan ketika seseorang yang dalam kondisi sakitnya (marah) lantas mengobatinya dengan berbuat dosa (bergunjing dan membongkar aib saudaranya).

Benarlah kiranya nasehat Ulama bahwa setiap dosa yang tidak segera diminta ampunkan pada Allah, akan menimbulkan dosa baru. Sungguh, bekas dari dosa yang tidak segera diminta ampunkan itu kadang lebih berat dari dosa itu sendiri.

Jika kita melihat ada saudara kita yang sedang bergelimang dosa, tolonglah ia dengan cara menasehatinya dan memintanya agar segera meminta ampun dan taubat kepada Allah. Doakan pula ia kepada Allah agar diberikan hidayah untuk segera bertaubat. Tidakkah kita kasihan melihat seorang muslim yang terjebak dalam dosa yang tiada akhir karena ia tidak diingatkan untuk meminta ampun dan bertaubat ?

Salafus Saleh berkata “Balasan dari sebuah dosa adalah kita melakukan dosa pula setelah itu. Dan Balasan dari sebuah pahala adalah kita mudah untuk melakukan amal yang menghasilkan pahala setelah itu”


Periksa diri kita, jika kita terasa enteng berbuat dosa, menggunjing, menghina, menggumpat dan dosa-dosa lainnya, siapa tahu ada dosa yang taubatnya belum diterima Allah.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images