Saat Sekarat Masih Ngaji

10:34 AM


Qadhi Ibrahim bin Jarrah Al-Kufi Al-Mashri (Murid Imam Abu Yusuf, Ya'qub bin Ibrahim Al-Anshari Al-Kufi) berkata : Imam Abu Yusuf dalam kondisi sakit. Aku pun datang menjenguknya. Saat aku sampai, ternyata beliau sedang dalam keadaan tidak sadarkan diri. Ketika sadar, beliau berkata padaku "Wahai Ibrahim, bagaimana pendapatmu tentang masalah ini ?" ucap Imam Abu Yusuf membuka diskusi.

Aku berkata "Wahai guruku, engkau bertanya dalam kondisi yang masih seperti ini ?"

"Tidak apa-apa, siapa tahu dengan diskusi kita ini, kita bisa membantu orang yang punya masalah seperti ini" jawab Imam Abu Yusuf

Imam Abu Yusuf melanjutkan :"Wahai Ibrahim, mana yang lebih afdhal, melempar jumrah dalam keadaan berjalan atau dengan menunggang binatang ?

"Dengan berjalan" jawabku.

"Salah". kata beliau

Aku jawab : "Dengan menunggang"

"Salah " kata beliau

Aku bertanya : "Lalu bagaimana yang benar? Semoga Allah meridhoi anda"

Beliau berkata : "jika orang tersebut ingin berhenti dan berdo'a maka lebih afdhol ia berjalan, namun apabila ia tidak berhenti untuk berdo'a maka lebih baik ia melempar jumrah dalam keadaan naik tunggangan".

Setelah itu, aku beranjak dari tempat beliau dirawat, saat aku berjalan dan belum sampai pintu rumah, aku mendengar suara jeritan, lalu aku bergegas mendatanginya, dan ternyata beliau sudah meninggal dunia, Semoga Allah merahmati beliau".


Sumber : Qimah Az-Zaman inda Al-Ulama' Karangan Syekh Abdul Fattah Abu Ghuddah Rahimahullah

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images