Nama-nama mujtahid mazhab dalam mazhab Syafi’i (bagian 6)

2:48 PM

6.Al-Za'faroni

Nama lengkap beliau Abu ‘Ali , Hasan bin Muhammad bin Shobbah Al-Baghdadi Al-Za’faroni , salah seorang sahabat Imam Syafi’i dan salah seorang perawi qaul Qodim Imam Syafi’i di Baghdad.

Belau terkenal sebagai Imam yang memiliki kedudukan Mulia , seorang Faqih , Muhaddits dan ahli Fashohah dan Balaghah.

Imam Mawardi berkata : Beliau merupakan orang yang menetapkan Riwayat Qaul Qodim dalam Mazhab Syafi’i

Imam Al-Ubadi berkata : Imam Al-Za’faroni menemani Imam Syafi’i lebih banyak dari Guru-gurunya.Beliau juga membaca kitab-kitab imam Syafi’i di Iraq yang termasuk diantara pendengarnya adalah Imam Ahmad bin Hanbal,Abu tsur , Husein Al-Karabisi.Beberapa kitab di Iraq banyak yang dinisbahkan kepada beliau.

Ibn Hayyan berkata : Imam Ahmad bin Hanbal dan Abu Tsur pernah menghadiri majelis Imam Syafi’i , dan waktu itu imam Al-Za’faroni lah yang membacakan kitab-kitab imam Syafi’i

Imam Al-Za’faroni pernah berkata : Ketika aku membaca kitab Ar-Risalah kepada Imam Syafi’i , beliau berkata kepada ku : dari bangsa arab yang mana kamu berasal ? aku menjawab : Aku bukanlah berasal dari Bangsa Arab , Aku hanya berasal dari sebuah desa kecil bernama Al-Za’faroniyah ,Imam Syafi’i lalu berkata : Sesungguhnya kamu adalah Sayyid/pemimpin desa ini.

Diantara kisah tentang kefasihan beliau juga bahwasanya imam Syafi’i pernah berkata : Aku melihat di kota Baghdad seseorang yang memiliki kelebihan dalam berbahasa yang menyala kepada ku hingga seolah-olah orang itu adalah dari Bangsa Arab.Orang-orang bertanya : siapakah orang itu ? imam Syafi’i menjawab : Al-Za’faroni

Imam Al-Marwazi berkata : Imam Al-Za’faroni adalah seseseorang yang ahli dalam bidang bahasa

Beliau Wafat pada bulan Ramadhan tahun 260 Hijriyah

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images