Nama-nama mujtahid mazhab dalam mazhab Syafi’i (bagian 3)

2:46 PM

3.Harmalah

Nama lengkap beliau Abu Abdillah Harmalah bin Yahya bin Abdillah bin Harmalah bin ‘Imran bin Qirad At-Tajibi Al-Mishri.Merupakan salah seorang sahabat Imam Syafi’i dan salah satu perawi mazhab jadid Syafi’i di Mesir .

Ia merupakan seorang Imam yang mulia kedudukannya , memiliki banyak riwayat dan Hadits.Kebanyakan riwayat Imam Muslim dalam kitab Shohih nya diambil dari beliau.

Imam Ahmad bin Saleh Al-Mishri berkata : Ibn Wahab menyusun 120 ribu hadist yang setengahnya ia ambil dari Harmalah.

Beliau merupakan salah seorang Sahabat Imam Syafi’i yang jadi rujukan dalam masalah Mazhab Syafi’i.Banyak masalah furu’ yang ia takhrij sendiri dari Ushul pendapat Imam Syafi’i.Namun begitu ia juga mempunyai beberapa pendapat tersendiri dalam beberapa masalah, yang ia takhrij sendiri dari mazhab Syafi’i baik Ushulnya maupun Furu’nya sebagaimana yang juga diperbuat oleh Imam Al-Muzani dan yang lain dalam beberapa masalah , sebagaimana yang dikatakan oleh Ibn As-Subki.

Syekh Hasan Hito berkata : Meskipun memang metode takhrij yang digunakan imam Harmalah berbeda dengan yang digunakan Imam Al-Muzani dan imam-imam Mujtahid mazhab lainnya

Imam Harmalah sangat masyhur terkenal dalam bidang Hadits dan Fiqh meskipun kedudukan beliau belum mencapai kedudukan imam Al-Muzani dan Imam Rabi’ Al-Murodi dalam masalah riwayat dari Imam Syafi’i.

Imam Nawawi berkata : Telah sampai riwayat kepada kami dari Abu Sulaiman Al-Khatabi yang terdapat di awal kitabnya “Ma’alim As-Sunan” bahwasanya golongan mutaqaddimin di kalangan Ashab Syafi’i lebih banyak berpegang dengan riwayat Imam Al-Muzani dari Imam Rabi’ Al-Murodi ketimbang riwayat dari Imam Harmalah dan Imam Rabi’ Al-Jizi dalam masalah riwayat mazhab Syafi’i.

Nama Imam Harmalah banyak sekali temaktub berulang-ulang dalam kitab Al-Muhazzab , Al-Wasith , Syarh Al-Kabir , Ar-Raudhoh dan kitab-kitab lainnya dalam Mazhab Syafi’i.

Diantara Karangan beliau adalah Kitab Mukhtasar yang bernama “Mukhtasar Harmalah” , yaitu ringkasan perkataan Imam Syafi’i dan Mazhabnya, hal yang sama yang juga dimiliki oleh Imam Al-Muzani dan Al-Buwaithi.Selain itu beliau juga mengarang sebuah kitab dengan judul “Al-Mabsuth”

Beberapa kisah dan riwayat tentang beliau :

  • Imam Harmalah berkata : Aku mendengar Imam Syafi’i berkata : Aku tidak pernah bersumpah palsu atas nama Allah walau hanya sekali.

  • Imam Harmalah berkata : Aku mendengar Imam Syafi’i berkata : Tiada hal yang lebih utama dalam mendekatkan diri kepada Allah setelah mengerjakan Amalan-amalan wajib selain menuntut ilmu.

  • Imam Harmalah berkata : aku mendengar Imam Sufyan bin Uyainah berkata tentang tafsir dari Hadits Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa sallam “bukanlah termasuk golongan kami orang yang tidak melagukan bacaan Al-qur’an “ Imam Sufyan bin Uyainah lalu berkata “Lagukan lah dalam membaca Al-qur’an”.Imam Syafi’i kemudian berkata “ bukan seperti itu maksudnya (artinya maksud hadits itu bukan untuk melagukan bacaan al-qur’an) , namun membacanya dengan khusyu’ dan tawadlu’ serta dengan bacaan yang tepat.

  • Imam Harmalah berkata :Aku mendengar Imam Syafi’i berkata : Orang yang menyangka bahwa seorang ahli ‘Adalah , bisa melihat Jin , maka batal lah syahadatnya (batal keislamannya) karena Allah telah berfirman “Sesungguhnya dia (Iblis) dan pengikutnya (yakni Golongan jin dan syetan) dapat melihat kamu dari suatu tempat sedangkan kamu tidak bisa melihat mereka” , kecuali hanya para Nabi lah yang bisa melihat mereka.

Beliau Wafat tahun 243 Hijriyah (menurut Ibn ‘Adi tahun 244 Hijriyah)

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images