Sinergi

11:07 AM

Mungkin tidak ada diantara kita yang menyukai minum minyak goreng , makan tepung , menelan telur mentah , menjilati garam, apalagi memasukkan kepala ke dalam oven.Namun ketika semua bahan-bahan diatas bersinergi , menjadi kue dengan cita rasa tinggi , kita semua akan berebut memakannya, tanpa mempersoalkan lagi dari mana ia berasal.

Suka sepakbola ? tidak semua pemain yang menjadi penjaga gawang.Tidak semua pemain juga yang menjadi kapten tim.Sebelas pemain memiliki posisi dan tugasnya masing-masing.Sang kiper senantiasa siap dihujani dengan bola yang ditendang oleh tim lawan.Pemain belakang membantu sang kiper menjaga daerah pertahanan tim agar lawan tidak mempunyai kesempatan menyarangkan bola ke gawang.Pemain tengah dan depan bersinergi membentuk sebuah kesatuan serangan,mendobrak lapisan pertahanan lawan. Gol dan kemenangan bukanlah tujuan pribadi,tapi harapan dari seluruh pemain plus pelatih dan pendukung.Bayangkan kalau 11 pemain yang ada di lapangan bersikeras untuk menjadi kiper semua atau ingin menjadi penyerang semua, kita mungkin akan meletakkan tontonan sepakbola dalam daftar akhir acara favorit kita.

Pernah menonton Film ? bagaimana perasaan kita kalau semua tokoh adalah protagonis ? kita mungkin akan bilang bahwa film adalah tontonan ter-husnudzon dan ter-husnul khotimah yang pernah ada namun tanpa keindahan dan hiburan.Beruntung dalam film , ada yang memerankan pemain utama , ada yang tokoh antagonis , sampai ada yang memerankan tokoh cameo sehingga membuat film jadi menarik dan enak.

Di dunia ini, tak seluruh manusia yang menjadi “kepala negara”.Harus ada yang menjadi rakyat sehingga posisi Kepala negara dibutuhkan dan sebuah negara menjadi berarti.Saat kita menjadi penjual , harus ada yang menjadi pembeli hingga penjual maupun pembeli menjadi sama-sama berarti.Bahkan orang yang bertitel “Kaya” harus berterima kasih kepada orang miskin karena merekalah orang Kaya sah disebut orang kaya.

Inilah sinergi.Kita saling menguatkan diri , saling melengkapi , saling memahami , berjalan bersama membentuk sebuah kesatuan yang tak terpisahkan , kokoh , hingga nyaris tidak bisa dipisahkan dan kemudian memberi manfaat luar biasa.Sungguh Allah telah menciptakan dunia ini seimbang dan seirama.Setiap makhluk menjalani perannya masing-masing dengan baik agar seimbang dan memiliki nilai luar biasa.

Tidak mudah memang untuk memahami perbedaan , potensi perpecahan akan selalu ada .Namun dengan selalu mentadabburi ayat-ayat Allah yang ia tampakkan secara jelas di depan mata kita, lalu terbuka dengan diri kita dan orang lainsemestinya perbedaan bukan lagi masalah yang harus jadi polemik menahun.Bukankah kita semua menyukai pelangi yang beragam warnanya ?

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images