Gugup

2:40 AM



Maafkan kalau saya sembarang tuduh kali ini. Menurut saya semua manusia pernah mengalami apa yang namanya gugup, nervous dan perasaan semacamnya. Gugup sendiri sering didefenisikan sebagai keadaan tidak tenang. Dalam kondisi ini, seseorang yang gugup biasanya akan berbicara tergesa-gesa atau sebaliknya terbata-bata. Tubuh pun biasanya akan membuat gerakan unik saat seseorang gugup. Keringat tiba-tiba keluar tanpa sebab, tubuh bergoyang-goyang, resah dan biasanya seseorang akan melakukan gerakan-gerakan yang sebenarnya tidak ia maksudkan.

Ada banyak alasan kenapa manusia itu gugup. Ketika salah, seseorang yang diinterogasi dan ditanya, biasanya akan gugup. Mulutnya mengeluarkan kata-kata dengan birama yang ngawur. Tubuhnya menunjukkan kegelisahan. Semua hal yang dipikirkan oleh otak tidak bisa diterjemahkan dengan baik oleh bagian tubuh lainnya. Tak jarang, otak itu sendiri seolah-olah berhenti bekerja.

Alasan lain yang serupa adalah ketika seseorang sedang berada dalam masa penungguan. Perasaan harap-harap cemas menunggu sesuatu akan membawa seseorang pada ke-gugup-an. Seorang bapak yang sedang menanti kelahiran anaknya, akan terlihat begitu cemas dan gugup ‘bagaimana kondisi istri saya ? bagaimana anak saya ?’ keringatnya akan mengucur deras.

Lalu, peristiwa apa yang paling membuat kita gugup ?

Saya sendiri baru pertama kali merasakan gugup yang luar biasa. Sedikit cerita, saya sudah pernah mengalami kejadian yang dalam logika standar mestinya kita gugup. Saya pernah berantem dengan guru, saya pernah  bahkan sering di-stop polisi di jalan, saya pernah di-stop petugas penjaga gedung nusantara V di MPR-DPR lantaran kesana memakai sendal, bahkan saat kerusuhan mesir saya sempat diinterogasi oleh pihak militer. Bagi saya itu semua belum bisa mengalahkan rasa gugup yang pernah saya rasakan ini.

Ceritanya, di Mesir saya sering mengikuti pengajian aka talaqi bersama para Syekh dan Ustadz di Mesjid Azhar. Suatu hari, saat talaqi kitab Syamail Muhammadiyah, Syekh Usamah Azhari (pengajar kitab tersebut) mengadakan kuis berhadiah. Kuisnya adalah menghafal Hadits Umm Zara’. Hadits Umm Zara’ ini sendiri lumayan panjang sehingga cukup susah menghafalnya. Nah, siapa yang berhasil membaca hadits tersebut di depan majelis yang ramainya subhanallah (yang menghadiri bisa mencapai 500-1000 orang) dengan benar, maka ia akan mendapatkan hadiah 2 buah buku plus sanad langsung dari Syekh. Saya pun mulai menghafal hadits tersebut.

Suatu hari tibalah saya ditunjuk (lebih tepatnya saya nunjuk untuk dipilih oleh Syekh) untuk membacakan hadits tersebut. Saya pun maju ke depan. Ketika sampai di depan majelis, saya pun melihat ke depan, dan disinilah rasa gugup saya muncul. Ketakutan akan salah dalam membaca mulai menghantui. Sekedar info, dua orang mesir sebelum saya yang membacakan hadits di majelis, sempat beberapa kali salah dan harus menanggung malu diketawain oleh para hadirin.

Saat itu musim dingin, namun rasa gugup cukup membuat tubuh saya tiba-tiba panas dan mengeluarkan keringat yang cukup deras. Saya merasakan sendiri air peluh yang mengalir di punggung saya. Bismillah, perlahan saya pun mulai membacakan hadits tersebut. Segala puji bagi Allah, ternyata saya berhasil membaca hadits tersebut dengan sempurna. Nyaris tidak ada salah dan lupa sekalipun. Saya pun dipersilahkan mengambil hadiah oleh Syekh lalu setelah itu saya ciumi tangan beliau. Saat berjalan ke tempat duduk saya semula, saya rasakan tempurung lutut saya goyah seolah mau putus lantaran rasa gugup yang saya alami. Keringat saya masih mengucur.

Sesampainya di tempat duduk saya disalami oleh beberapa sahabat se-pengajian. Menurut mereka dari beberapa orang yang hari itu membacakan hadits, saya adalah yang terbaik lantaran tiada kesalahan dalam membacanya. Saya sendiri masih sibuk menyeka keringat yang masih saja mengalir di muka saya. Saat itu saya sempat berkata ‘Sepertinya, rasa gugup ini lebih besar ketimbang rasa gugup yang akan saya alami saat saya melamar Istri saya nanti’ ... Ah semoga.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images