Kesempurnaan Hanyalah milik Allah

3:10 PM

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memiliki beberapa ekor onta. Diantaranya yang terkenal bernama al-Qashwa’. Onta ini, selain sering digunakan sebagai kendaraan Nabi Saw, juga sering diikutsertakan dalam pacuan onta, dan selalu menang. Hingga suatu saat al-Qashwa’ kalah dalam pacuan. Para sahabat gempar dan resah, seolah-olah susah untuk percaya bahwa onta juara miliki Rasulullah Saw ini bisa dikalahkan oleh onta lain.

Ketika berita ini disampaikan kepada Nabi Saw, beliau berkata:

إن الناس لم يرفعوا شيئا من هذه الدنيا إلا وضعه الله عز و جل

“Sesungguhnya manusia tidak akan menanjak tinggi di dunia ini (hingga seperti sempurna) melainkan akan direndahkan oleh Allah Azza wa Jalla” (H.R Ad-Daraquthni dalam sunan-nya)

***

Hadits ini memberikan kita pelajaran luar biasa bahwa kesempurnaan bukanlah hal yang dituntut dari usaha kita. Kesempurnaan adalah milik Allah Swt. Walau begitu, kita harus selalu berusaha mengerahkan kemampuan terbaik dalam setiap hal. Ketidaksempurnaan justru akan lebih mendekatkan kita pada usaha optimal ditambah dengan doa yang maksimal. Sehingga, rasa sombong, angkuh dan tinggi hati akan terbuang dari kita. Karena, pada hakikatnya manusia memang penuh kekurangan, sebaik apapun usaha mereka.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images