Demi Kepentingan Umat

3:20 PM

Dalam sebuah hadits, diceritakan bahwa sahabat Mu’adz bin Jabal ra pernah menjadi imam salat isya. Waktu itu beliau membaca surat Al-Baqarah setelah membaca Al-Fatihah para rakaat pertama. Saking panjang dan lamanya bacaan, seorang laki-laki pun memutuskan niat berjamaah, lalu salat sendirian. Perbuatan laki-laki ini pun diprotes oleh jamaah lain ketika selesai salat. “Apakah kamu sudah menjadi orang munafik pula hai fulan ?” tanya mereka pada si laki-laki. “Demi Allah, Tidak” jawab si laki-laki dengan tegas. Untuk menyelesaikan kasus ini, jamaah pun mendatangkan Rasulullah Saw agar dapat memperoleh jawabannya.

Ketika Rasulullah Saw datang, para sahabat menceritakan kejadian ini. Rasulullah Saw pun mengkonfirmasi hal tersebut pada si laki-laki. “Ya Rasulullah, sesungguhnya saya adalah golongan yang bekerja keras di siang hari (yang tentu saja membuat badan begitu letih di malam hari, pen). Lalu Mu’adz datang, menjadi imam di salat isya dan membaca surat Al-Baqarah” ujar si laki-laki.

Rasulullah Saw pun segera mendatangi Mu’adz. Ketika bertemu, Rasulullah Saw berkata pada Mu’adz “Hai Mu’adz, apakah kamu ingin berbuat fitnah ? Jika kamu dipilih menjadi imam bagi manusia (masyarakat) bacalah surat ini dan ini (yakni surat-surat mufasshal yang pendek, dalam riwayat disebutkan surat Asy-Syams, Al-A’la, Al-‘Alaq, Al-Lail)”

Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Sahihnya.

***

Disini, Rasulullah Saw mengajarkan kita tentang pentingnya mendahulukan kepentingan umum atas kepentingan pribadi serta kewajiban bagi seorang pemimpin agar benar-benar memperhatikan kondisi masyarakat. Segala kebijakan pemimpin hendaknya memperhatikan kondisi dari orang yang ia pimpin. Setiap tindak-tanduknya haruslah adil dengan memperhatikan kemaslahatan umat.

Contoh mikro dari hal tersebut adalah bagaimana seorang imam salat harus memperhatikan kemaslahatan dan kepentingan jamaah serta mendahulukannya ketimbang kepentingan pribadi. Memang kepentingan pribadi imam dalam hal ini juga logis sebenarnya. Hal ini karena ada banyak dalil yang menyebutkan banyaknya pahala yang akan didapatkan bagi salat yang lama berdirinya dan hal-hal semisalnya. Namun ada kepentingan jamaah yang lebih penting dari itu. Karena siapa tahu dalam barisan jamaah ada orang yang sedang sakit, atau sangat-sangat lelah, atau bisa jadi sedang menunggu/ditunggu oleh seseorang dan lain-lain. Maka imam harus bijak dalam menanggapi kondisi ini.

Dalam hadits diatas, Rasulullah Saw mengkritik perbuatan Mu’adz bin Jabal karena menjadi imam dalam salat isya dengan membaca surat al-Baqarah, padahal diantara jamaahnya ada yang bekerja keras pada siang hari sehingga ia tidak tahan untuk berdiri lama. Rasulullah Saw sampai menegur Mu’adz dengan teguran “Apakah kamu menginginkan fitnah ?”. Selanjutnya Rasulullah Saw menjelaskan bahwa jika menjadi imam bagi masyarakat, maka ringankan salatnya. Karena di belakang ada orang yang sudah tua, ada yang sedang sakit, yang sedang lelah atau yang sedang dalam keperluan. Namun bila salat sendirian, silahkan salat sekuat kemampuan karena pahalanya tentu lebih banyak.

Nah, jika dalam salat saja imam harus memperhatikan kondisi jamaah, maka tentu saja di luar salat harus lebih memperhatikan. Seorang pemimpin harus mementingkan kepentingan dan kemaslahatan umat yang ia pimpin. Jangan sampai keegoisan pemimpin –walau mungkin bernilai baik dan positif dalam pandangan subjektif si pemimpin- menjadikan umat kesusahan dan terjadi fitnah.

Bahkan para ulama fiqih membuat sebuah kaedah sebagai salah satu pertimbangan dalam menetapkan hukum Islam. Kaedah tersebut menyebutkan bahwa kebijakan pemimpin yang berhubungan dengan yang ia pimpin harus berdasarkan pada pertimbangan kemaslahatan mereka (Tasharruf al-Imam bi Al-Ra’iyyah manutun bi Mashalihiha). Ketika kebijakan tersebut benar-benar pro rakyat, berhubungan dengan kemaslahatan umat secara umum, insya Allah keadilan dan kesejahteraan dalam kehidupan bermasyarakat pun akan tercapai.

Wallahu a’lam bish-Shawab

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images